Ibadah Umrah

Masyarakat Ragu-ragu Mendaftar Beribadah Umrah, Setelah Pemberian Visa Distop Sementara,

Banyak orang ragu-ragu melakukan pendaftaran ibadah umrah ke PPIU, setelah Pemerintah Arab Saudi meyetop sementara pemberian visa umrah.

Twitter/ReasahAlharmain
Banyak orang jadi ragu-ragu mendaftar untuk ibadah umrah, setelah Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara pemberian visa umrah. Keterangan foto: Masjid an-Nabawi di Madinah, Arab Saudi. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pemerintah Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara pemberian visa umrah bagi calon jemaah umrah Indonesia, setelah ditemukan 13 jemaah kasus positif di antara jemaah Indonesia yang sudah tiba di Arab Saudi.

Keputusan ini langsung membuat banyak orang jadi mempertimbangkan pendaftaran keberangkatannya ke Tanah Suci.

Managing Director Travel Umrah Dream Tour, Ryan Darmawan, mengatakan banyak calon jemaah yang ragu-ragu mendaftarkan diri berangkat umrah, sejak munculnya informasi tersebut.

"Agak terkendala dengan adanya informasi ini, (calon jamaah) menunggu kepastian kapan visa umrah dibuka kembali. Hanya kepastian saja," kata Ryan, Selasa (17/11/2020).

Menurut Ryan, berdasarkan informasi yang diterimanya Pemerintah Arab Saudi sedang melakukan evaluasi terkait perjalanan umrah, termasuk penerbangan.

Meski ada penghentian sementara visa umrah, seluruh jemaah umrah asal Indonesia yang berangkat pada 1, 3, dan 8 November 2020 lalu kini sudah kembali semua ke Tanah Air.

“Untuk visa umrah sedang ada perbaikan sistem, jadi memang kita tunggu beberapa hari ini,” kata Ryan.

Harapan

Meski tidak mengalami kerugian, Ryan berharap Pemerintah Arab Saudi kembali membuka visa umrah, atau setidaknya memberi kepastian kapan kembali dibuka agar tidak ada keraguan.

“Satu-dua hari ini mudah-mudahan sudah bisa normal kembali dan jemaah bisa umrah kembali. Harapan kita sebelum tanggal 29 sudah ada pemberangkatan," kata Ryan.

Sebelumnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Oman Fathurahman mengatakan Pemerintah Arab Saudi melakukan penghentian sementara visa umrah. (Junianto Hamonangan)

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved