Turis Kanada Kembalikan Artefak Curian dari Pompeii, Setelah Tahunan Mengalami Nasib Buruk

Seorang perempuan Kanada mencuri artefak dari Pompeii tahun 2005, dan memutuskan mengembalikan benda curian itu setelah mengalami naisb buruk.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/AC Pingkan
Kota kuno Pompeii adalah salah satu destinasi wisata populer di Italia. Turis dari Indonesia pun tertarik berkunjung ke sana. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Ada sebuah pemeo yang sering ditemukan di destinasi wisata alam di seluruh dunia, yakni "Leave nothing but footprints, take nothing but pictures, kill nothing but time".

Terjemahannya dalam bahasa Indonesia kira-kira begini bunyinya, " Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki, jangan ambil apapun kecuali foto, jangan membunuh apapun kecuali waktu".

Pemeo itu seharusnya tak hanya dipasang di destinasi wisata alam, tetapi juga dipasang di destinasi wisata cagar budaya.

Kota kuno Pompeii kerap menjadi tujuan wisata pendidikan pelajar SMA dari Amerika Serikat dan Kanada.
Kota kuno Pompeii kerap menjadi tujuan wisata pendidikan pelajar SMA dari Amerika Serikat dan Kanada. (Warta Kota/AC Pingkan)

Apalagi setelah pengalaman buruk seorang perempuan asal Kanada, yang sekarang kapok "mengambil benda kenang-kenangan" saat berwisata.

Artefak Pompeii

Sebagaimana diwartakan oleh CNN, perempuan yang hanya dikenali sebagai Nicole, mengirim dua tegel mosaik, dua buah vas amphora, dan sebuah pelat keramik dinding ke kantor Archaeological Park of Pompeii.

Dalam surat yang disertakan dalam paket itu, Nicole menjelaskan bahwa dia mengembalikan artefak yang dicurinya dari situs kota kuno Pompeii di Italia pada tahun 2005.

"Ketika itu saya ingin memiliki benda-benda bernilai sejarah yang tidak bisa dibeli. Saat itu saya masih muda dan bodoh," bunyi salah satu bagian dari suratnya itu.

Kutukan

Pada bagian lainnya dia menceritakan, begitu kembali ke Kanada dia dua kali terkena kanker payudara, sehingga harus menjalani dua kali mastektomi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved