Pelaku Usaha Wisata Diimbau Memiliki Sertifikat "I Do Care", dan Ini Proses Mendapatkannya

Kemenparekraf mengajak semua pelaku usaha pariwisata memiliki sertifikat I Do Care, agar dapat memenuhi tuntutan konsumen.

Istimewa/Lippo Malls
Petugas kebersihan di salah satu pusat perbelanjaan yang dikelola Lippo Malls Indonesia, membersihkan fasilitas yang banyak digunakan oleh pengunjung seperti, tombol lift, hand rail eskalator, dan fasilitas lainnya. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pandemi Covid-19 benar-benar mengubah perilaku kehidupan manusia, terutama dalam hal kebersihan dan kesehatan.

Dua hal itu pula yang akan dituntut konsumen industri pariwisata di masa pandemi ini, bahkan terus berlanjut saat pandemi berakhir nanti.

Karena itulah pelaku industri pariwisata harus meningkatkan protokol kesehatan dan kebersihan di lokasi usahanya, demi memenuhi tuntutan konsumen.

Bukan hanya sekadar meningkatkan kegiatan bersih-bersihnya, melainkan konsumen harus diyakinkan dengan sertifikasi protokol kebersihan sesuai standar  terbaik.

Program sertifikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  sudah memiliki sertifikasi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, lingkungan berkelanjutan, yang diberi nama InDOnesia CARE (I Do Care).

Bahkan saat ini Kemenparekraf menyelenggarakan Program Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability), dan mengundang para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendaftar ke program ini.

Deputi Sumberdaya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Wisnu Bawa Taruna, dalam pernyataanya di Jakarta, Senin (12/10/2020) menjelaskan, Program Sertifikasi CHSE sebagai salah satu strategi menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru di sektor parekraf.

"Karena kunci sukses pulihnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah dengan penerapan standar protokol Kesehatan di sektor parekraf," ujarnya, sebagaimana dilansir siaran pers Kemenparekraf.

Proses sertifikasi

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved