Kereta Api

Jalur Ganda KA Lintas Selatan Jawa Sudah Tersambung Sampai Jombang

Jalu ganda kereta api lintas selatan Jawa sudah tersambung 550 km. Jalur baru ini akan mendukung industri pariwisata setempat.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/BKIP Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan penggunaan secara parsial jalur ganda kereta api (KA) lintas Selatan Jawa, Kamis (8/10/2020) di Stasiun Solo Balapan. 

WARTA KOTA TRAVEL – Traveller pencinta kereta api, ada kabar yang menarik nih bagi kalian.

Menurut siaran pers dari Kementerian Perhubungan pada Kamis (8/10), jalur ganda kereta api (KA) lintas selatan Jawa sudah tersambung sepanjang 550 kilometer.

Jarak itu dihitung mulai dari Cirebon menuju Purwokerto, Kroya, Yogyakarta, Solo, Madiun, sampai Jombang.

Seremoni Soft Launching Pengoperasian Parsial Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa, Kamis (8/10/2020).
Seremoni Soft Launching Pengoperasian Parsial Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa, Kamis (8/10/2020). (Istimewa/BKIP Kemenhub)

Tadi pagi ada seremoni "selametan" di Stasiun Solo Balapan, untuk menandai penggunaan jalur baru ini secara resmi.

Hadir dalam acara bertajuk "Soft Launching Pengoperasian Parsial Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa" itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dijelaskan dalam siaran pers, setelah tersambung sampai Jombang proyek Jalur ganda KA lintas selatan Jawa menyisakan pekerjaan sekitar 65 km lagi, antara Jombang – Mojokerto – Wonokromo.

Sisa jarak ini ditargetkan selesai dalam 1 sampai 2 tahun mendatang.

Nantinya jalur ini memiliki panjang total sekitar 694 km, yang terbentang mulai dari Cirebon – Prupuk – Purwokerto – Kroya – Gembong Kutoarjo – Ygoyakarta – Solo – Kedung Banteng – Madiun – Jombang – Mojokerto – Wonokromo – sampai Surabaya.

“Dengan selesainya Jalur Ganda KA lintas selatan Jawa nantinya akan menyambungkan 3 kota aglomerasi besar yaitu Jabodetabek – Joglosemar – Gerbangkertasusila,” kata Menhub Budi Karya.

Pariwisata

Lalu apa artinya rampungnya proyek jalur ganda kereta api jalur selatan ini bagi masyarakat?

Yang pasti, perjalanan kereta api akan lebih cepat, karena tak perlu berhenti menunggu ketika berpapasan dengan KA dari arah lain.

Selain itu, jumlah perjalanan KA akan bertambah, terutama untuk kereta lokal di kawasan kota anglomerasi besar, seperti yang disebutkan Budi Karya di atas.

Dengan begitu masyarakat setempat memiliki tambahan opsi transportasi lebih banyak dan lebih cepat.

Para pelancong penggemar KA juga menikmati lebih banyak lagi pilihan KA, dan ada lebih banyak opsi tarif yang bisa diambil.

Apa lagi Budi Karya menambahkan, pembangunan jalur ganda KA lintas selatan ini ini memiliki arti yang sangat penting mendukung industri pariwisata. Khususnya kepada program Pemerintah terkait pengembangan 5 Bali Baru, salah satunya adalah Borobudur

“Dukungan konektivitas ke Borobudur dengan moda kereta api sangat penting. Untuk itu saya mendorong agar jalur kereta api ke arah Borobudur bisa selesai tepat waktu dan terintegrasi dengan jalur KA lintas selatan Jawa ini,” tutur Menhub.

Terowongan

Sebagaimana dilansir dalam siaran pers Kemenhub, dalam pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa ini turut dibangun terowongan jalur ganda pertama di Indonesia.

Bukan hanya satu terowongan melainkan tiga terowongan yang dibangun dalam proyek ini, yaitu Terowongan Notog, Terowongan Kebasen, dan Terowongan Ijo.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved