Wisata Olahraga

Pariwisata Olahraga Digarap Tiga Kementerian

Event olahraga bisa dikembangkan menjadi atraksi wisata yang baru, dan memiliki dampak positif di segala bidang

Instagram/tokyo2020
Monumen Lingkaran Olimpiade di Tokyo pada 24 Januari 2020. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Obyek wisata kini bukan hanya pemandangan alam, peninggalan budaya, atau pusat perbelanjaan, karena event olahraga pun bisa menjadi atraksi wisata.

Tengok saja pergelaran Olimpiade atau Piala Dunia akhir-akhir ini, yang juga dikemas sebagai atraksi wisata.

Dengan begitu, para suporter dari berbagai negara yang datang sekaligus menjadi wisatawan. Ya, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui lah.

Melihat peluang yang muncul dari event olahraga, maka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melakukan kolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Perindustrian.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menandatangani nota kesepahaman (MoU) antara Kemenparekraf, Kemenpora, dan Kemenperin untuk mengembangkan wisata olahraga.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menandatangani nota kesepahaman (MoU) antara Kemenparekraf, Kemenpora, dan Kemenperin untuk mengembangkan wisata olahraga. (kemenparekraf.go.id)

Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata olahraga, dan menciptakan event olahraga yang dapat menarik kunjungan wisatawan datang ke Indonesia.

Sebagaimana diwartakan dalam siaran pers dari Kemenparekraf, kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemenparekraf, Kemenpora, dan Kemenperin, dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional tahun 2020, yang bertajuk “Sport Science, Sport Tourism, Sport Industry: Bangkit dan Bergerak”.

Seremoni penandatanganan itu dilaukan di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta (4/9/2020), yang dilakukan secara simbolis oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dampak positif

Dalam sambutannya, Angela Tanoesoedibjo menjelaskan bahwa situasi pandemi ini harus dihadapi dengan strataegi yang komprehensif, terarah, dan kolaboratif.

“Sebagai kementerian yang membawahi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf tidak bisa berjalan sendiri dalam mengembangkan sektor ini. Dibutuhkan dukungan berbagai pihak seperti kementerian dan lembaga, asosiasi, dan seluruh masyarakat. Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini kolaborasi menjadi sangat penting sehingga penandatanganan nota kesepahaman ini kami harapkan menjadi momentum untuk lebih menyelaraskan pengambilan kebijakan, demi menghasilkan program-program yang memberikan dampak positif untuk masyarakat.” kata Angela.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved