Bandara Dubai Gunakan Smart Gate untuk Kurangi Kontak Fisik, Turis Tak Perlu Lewati Imigrasi Lagi

Bandara Dubai mulai mengoperasikan Smart Gate, untuk mengurangi kontak fisik dan mempercepat proses keberangkatan penumpang.

www.dubaiairports.ae
Terminal 3 Bandara Dubai 

WARTA KOTA TRAVEL -- Ada perubahan proses keberangkatan di Bandara Dubai, Uni Emirat Arab, yang akan membuat penumpang lebih cepat melakukan boarding.

Proses baru itu, sebagaimana dilansir laman The National, melibatkan peranti Smart Gate yang berada di Terminal 3 keberangkatan.

Dengan peranti tersebut, penumpang yang akan meninggalkan Dubai tak perlu lagi antre di kaunter imigrasi, sebab petugas imigrasi Dubai sudah digantikan "pintu pintar ini".

Penumpang hanya menempelkan paspor ke alat pemindai di Smart Gate, untuk proses imigrasi keberangkatan.

Pintu pintar ini sebenarnya sudah digunakan dalam uji coba, di mana penumpang bisa melewatinya dengan paspor atau KTP Uni Emirat Arab, e-gate card, dan QR bar code yang diperoleh lewat aplikasi GDRFA di telepon pintar.

Hanya saja, saat ini KTP UEA sudah tak bisa lagi dipakai mengakses Smart Gate.

"Smart Gate ini akan memudahkan dan menyederhanakan prosedur keberangkatan. Peranti ini juga lebih aman untuk bepergian di kondisi seperti sekarang," kata Mohammed Al Mari, Direktur Jenderal Urusan Kependudukan dan Orang Asing di Dubai (General Directorate of Residency and Foreigners Affairs/GDRFA).

Maklum, dengan Smart Gate ini berarti mengurangi kontak antar-manusia, seperti proses di kaunter imigrasi.

Sederhana untuk turis

Proses menggunakan Smart Gate juga disederhanakan untuk turis. Mereka tak perlu lagi mendaftar ke otoritas bandara untuk memperoleh sandi masuk.

Namun penyederhanaan itu tak berlaku bagi orang asing yang tinggal di UEA, sebab mereka tetap harus mendaftar ke GDRFA untuk mendapatkan sandi masuk.

Menurut The National, untuk saat ini fasilitas Smart Gates hanya berada di Terminal 3, sebab belum difungsikan di terminal lainnya.

Menurut Al Mari, pihaknya mencatat pertambahan jumlah penumpang di Bandara Dubai, setelah Keemiran Dubai membuka kembali perbatasan mereka untuk wisatawan.

Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved