Pariwisata Menjadi Lokomotif yang Menarik PAD Kabupaten Bogor Maju

Kabupaten Bogor menetapkan pariwisata sebagai sektor utama untuk menghasilkan pendapatan asli daerah.

Warta Kota/Hironimus Rama
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, dalam Rapat Akhir Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Bogor Tahun 2021-2035, di Ruang Rapat Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Cibinong, Senin (31/8/2020). 

WARTA KOTA TRAVEL -- Potensi pariwisata di Kabupaten Bogor rupanya sangat besar, baik berupa wisata alam, wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata budaya, maupun wisata buatan lainnya.

Menyadari potensi yang besar ini, maka Pemerintah Kabupaten Bogor menjadikan pariwisata sebagai lokomotif untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebagai lokomotif PAD, pariwisata akan mendukung visi Kabupaten sebagai The City of Sport and Tourism.

"Untuk mencapai hal itu, segala sesuatu mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan harus matang dan maksimal,” kata Kabupaten Bogor'>Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin saat membuka Rapat Akhir Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Bogor Tahun 2021-2035 di Ruang Rapat Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Cibinong, Senin (31/8/2020).

Integrasi

Agar pariwisata lancar menggenjot peningkatan PAD, sektor ini harus terintegrasi dengan semua sektor lainnya, seperti UKM, infrastruktur jalan, dan keamanan.

"Jadi semua sektor harus saling mendapatkan manfaat dari pariwisata,” lanjut Burhan.

Strategi lain yang dikembangkan Kabupaten Bogor untuk meningkatkan PAD ialah, dengan memberdayakan badan usaha milik desa (bumdes), agar berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi.

“Bumdes-bumdes yang ada di Kabupaten Bogor akan didorong untuk memajukan ekonomi desa. Ketika pariwisata maju, desa pun harus ikut maju,” tandas Burhan. (Hironimus Rama)

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved