New Normal

Anak-anak dan Lansia Dilarang Menonton Film di Bioskop Selama masa Pandemi Covid-19

Anak-anak yang belum berusia 12 tahun, dan orang dewasa usia 60 tahun ke atas, tidak boleh berkunjung ke Bioskop di DKI Jakarta.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Pexels.com/Henry & Co
Lobi bioskop 

WARTA KOTA TRAVEL -- Mengajak anak-anak menonton film di bioskop di DKI Jakarta mungkin tinggal kenangan, sebab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melarang anak-anak berkunjung ke bioskop.

Bukan hanya anak-anak, orang dewasa kategori lanjut usia juga tak boleh berkunjung ke bioskop, di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi fase 1.

Pengunjung antre membeli tiket bioskop di Mal Taman Anggrek.
Pengunjung antre membeli tiket bioskop di Mal Taman Anggrek. (Warta Kota)

Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19 DKI Jakarta juga meminta kepada orang yang memiliki penyakit komorbid, agar tidak mengunjungi bioskop.

Alasan Satgas itu untuk mencegah orang-orang dalam kategori itu tertular virus corona 2. Pasalnya mereka dianggap rentan tertular virus penyebab Covid-19.

Usia 12-59 tahun

“Kami sarankan yang datang adalah masyarakat dengan usia rentang di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito, melalui siaran YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (26/8/2020).

“Mereka juga tidak memiliki penyakit penyerta, seperti penyakit jantung, kencing manis, penyakit paru-paru, penyakit ginjal, dan penyakit imunitas rendah lainnya,” tambah Wiku.

Tidak sakit

Selain itu, imbuhnya, setiap pengunjung juga harus dalam kondisi sehat. Mereka tidak memiliki gejala batuk, demam lebih dari 37,3 derajat celcius, sakit tenggorokan, pilek/flu, bersin dan sesak nafas.

Menjaga jarak

“Mereka juga harus menjalankan protokol yang ketat. Misalnya menjaga jarak paling tidak 1,5 meter dan pembelian tiket dilakukan secara online,” kata Wiku.

“Demikian pula kesiapan dari penyelenggara, juga harus melakukan training dengan baik, supaya dapat betul-betul memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan tertib, selama dalam proses pembukaan atau pelaksanaan dari bioskop atau sinema tersebut,” lanjutnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan bioskop di Ibu Kota akan kembali dibuka dalam waktu dekat.

Hal itu dikatakan Anies usai berkonsultasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur pada Rabu (26/8/2020) pagi.

“Kesimpulan dari pertemuan tadi adalah, dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop di Jakarta akan dibuka, dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi yang detail,” kata Anies saat jumpa pers melalui kanal YouTube BNPB pada Rabu (26/8/2020). (Fajar Al Fajri)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved