Sekarang Boleh Bawa 2 Tas ke Kabin Pesawat Air Asia. Namun Bobot Total Terbatas

Sekarang terbang dengan Air Asia boleh membawa dua tas ke dalam kabin pesawat. Namun total berat kedua tas maksimal 7 kilogram.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/airasia
Air Asia Malaysia beroperasi kembali pada 29 April 2020, setelah 32 hari tak mengudara akibat pandemi Covid-19. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Bepergian menggunakan maskapai penerbangan Air Asia kini diperbolehkan membawa dua tas ke dalam kabin pesawat (bagasi kabin).

Hanya saja berat total keduanya masih 7 kilogram, sebagaimana selama ini diterapkan Air Asia.

Dalam siaran pers yang dilansir laman maskapai asal Malaysia itu, kebijakan baru soal bagasi kabin ini mulai berlaku pada 7 Juli 2020.

Penumpang bisa membawa sebuah tas kabin dengan ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm, atau panjang linear maksimal 115 cm, dan muat di kompartemen bagasi di kabin pesawat.

Kemudian penumpang boleh membawa sebuah tas laptop, atau tas kecil, dengan ukuran tidak melebihi 40 cm x 30 cm x 23 cm, atau panjang linear maksimal 80 cm. Tas itu harus muat bila diletakkan di bawah kursi di depan penumpang.

Gratis 15 kg

Jika bobot bawaan penumpang melebihi 7 kg, atau ukurannya lebih besar dari yang disyaratkan, menurut Air Asia bawaan tersebut harus masuk ke bagasi terdaftar.

Khusus untuk penerbangan domestik Indonesia, penumpang mendapat jatah bagasi terdaftar gratis sampai 15 kg.

Agar mendapat biaya yang lebih murah untuk bagasi terdaftar, pihak Air Asia menyarankan agar memesan jatah bagasi tambahan lewat situas airasia.com, selambat-lambatnya 4 jam sebelum keberangkatan.

Oh ya, pihak Air Asia juga menjelaskan di halam terkait ketentuan bagasi kabin, dua barang bawaan yang diikat menjadi satu tidak dihitung sebagai satu bagasi kabin.

Jadi bawaan oleh-oleh makanan yang dibeli di bandara, yang biasanya dikemas dalam dus, dihitung sebagai satu bawaan kabin.

Dalam halaman itu Air Asia juga menjelaskan soal bagasi pintar (smart baggage), alias koper yang bisa menyimpan daya listrik dan menjadi power bank saat dibutuhkan, memiliki aturan khusus untuk menjadi bagasi terdaftar.

Bagasi pintar

Batere di koper tersebut harus dicopot sebelum koper didaftarkan. Sudah menjadi aturan umum di transportasi udara komersial, power bank tidak boleh masuk bagasi pesawat. Karena itu batere bagasi pintar juga tak boleh masuk bagasi pesawat.

Watt hour (Wh) baterai tidak boleh lebih dari 160 Wh.

Selain itu fasilitas wifi, bluetooth, dan GPS telah dimatikan.

Air Asia memperbolehkan dua baterai cadangan dalam bagasi kabin.

Nah, inilah peraturan terbaru Air Asia mengenai barang bawaan penumpang. Informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih maskapai penerbangan, saat akan bepergian. (*)

Seragam Antivirus Pramugari Air Asia Filipina

Kacamata Proyek Jadi Atribut Pramugari Air Asia Malaysia Saat Bertugas

Aturan SIKM DKI Jakarta Dihapus, Berkunjung ke Jakarta Menjadi Lebih Mudah

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved