Wisata olahraga

Kemenpora Siap Mengoptimalkan Pariwisata Olahraga Indonesia

Menpora menantang para pemuda Indonesia, memanfaatkan keindahan dan kekayaan alam Tanah Air untuk mengembangkan wisata olahraga.

Warta Kota/AC Pingkan
Telaga berisi peta Indonesia di Taman Mini Indonesia. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Industri pariwisata Indonesia sedang terpuruk, gara-gara pandemi Covid-19, namun Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis pariwisata Indonesia bisa bangkit kembali.

Jangan heran dulu dengan Menpora berbicara soal pariwisata, soalnya dia berbicara berkaitan dengan tugasnya sebagai pembina para pemuda dan pemudi Indonesia. 

Pernyataan Menpora itu diutarakannya saat membuka kegiatan seminar daring yang bertajuk "Pelatihan Pemuda Penggerak Sport Tourism" pada Kamis (16/7/2020).

Dari judulnya saja sudah jelas bahwa Zainudin Amali menawarkan ide yang menggabungkan dua bidang tugasnya, yakni pemuda dan olahraga.

Bersama Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, Menpora ingin Indonesia menjadi salah satu tujuan pariwisata olahraga, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang luar biasa.

“Kami membicarakan tentang sport tourism. Tentu kegiatan ini menjadi penting buat bangsa dan negara yang kaya (sumber daya alam) dengan berbagai hal, serta bisa dinikmati oleh siapa pun. Indonesia begitu indah, juga budayanya beragam. Tidak kalah dengan negara lain, sehingga sangat pantas Indonesia merupakan tempat tujuan pariwisata olahraga,” kata Menpora.

Tantangan

Dengan sumber daya yang berlimpah, menurut Menpora, adalah tantangan bagi para pemuda Indonesia, untuk memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik.

“Kami punya sumber daya berlimpah, itu tantangan. Salah satu unsur penting pariwisata adalah wisata olahraga. Kami dari Kemenpora tentu mendorong program ini atas dukungan Komisi X DPR,”

“Kami serius untuk mengembangkan program sport tourism, karena sport tourism sekarang ini sudah jadi tren. Penggeraknya adalah kaum muda kita,” ujar Menpora. 

Sementara itu, Syaiful Huda menyambut baik kegiatan seminar ini, karena merupakan ide yang sangat baik bila industri pariwisata dan olahraga, serta kegiatan kepemudaan jalan secara bersama-sama memajukan wisata olahraga.

"Kalau saya boleh istilahkan, yaitu mengawinkan dunia pariwisata dan olahraga. Semua destinasi diharap bisa menyelenggarakan sport tourism. Dengan itu, saya harap ada kompetisi-kompetisi nantinya, dan semoga akan lahir atlet yang hebat,” ujarnya. (Abdul Majid)

Disparekraf DKI Jakarta Batal Beri Izin Tempat Wisata Beroperasi Kembali

Aturan SIKM DKI Jakarta Dihapus, Berkunjung ke Jakarta Menjadi Lebih Mudah

Museum Bahari Jakarta Jajaki Kerja Sama dengan TNI AL untuk Menambah Koleksi

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Tribunnews
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved