Wisata Jakarta

Museum Bahari Jakarta Jajaki Kerja Sama dengan TNI AL untuk Menambah Koleksi

Museum Bahari Jakarta menjajaki kerja sama dengan TNI Angkatan Laut, untuk menambah koleksi museum.

Warta Kota
Museum Kebaharian Jakarta sedang menyelenggarakan pameran Ragam Perahu Tradisional Nusantara pada 23 November sampai 22 Desember 2019. 

WARTA KOTA TRAVEL --  Musibah kebakaran yang melanda Museum Bahari Jakarta pada 16 Januari 2018, turut menghanguskan sebagian besar koleksinya.

Hal itu sangat disayangkan, mengingat koleksi museum adalah benda yang memiliki sejarah, dan tak banyak yang tak ada gantinya.

Bangunan yang dulu terbakar kini sudah selesai direnovasi.
Bangunan yang dulu terbakar kini sudah selesai direnovasi. (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Namun mau apa lagi, benda yang berubah menjadi abu itu tak bisa lagi diperbaiki ke bentuk semula, kecuali menggunakan sihir.

Meski koleksi yang rusak dalam musibah kebakaran itu tak tergantikan, namun Museum Bahari akan memperoleh koleksi baru dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Kedua belah pihak masih menjajaki soal kerja sama ini.

Kepala Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta, Berkah Shadaya, mengatakan pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan TNI AL, untuk mengganti koleksi yang mengalami kerusakan.

"Kita mau kerja sama dengan TNI AL, masih tahap pengumpulan data," kata Berkah, Selasa (14/7).

Tidak terpakai

Pihak TNI AL bisa membantu dengan menyumbangkan benda-benda yang berkaitan dengan kapal dan peralatannya. Nantinya benda koleksi baruitu bisa ditempatkan di Gedung A dan Gedung C.

"Ada alat navigasi, teropong, benda yang sudah tidak terpakai oleh TNI AL. Daripada jadi barang busuk ya kita minta didihibahkan saja," ujar Berkah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved