New Normal

Kafe dan Restoran Diimbau Bantu Musisi dengan Menampilkan Pertunjukan Musik Virtual

Pertunjukan musik hidup belum bisa dilakukan oleh kafe dan restoran, maka Disparekraf DKI menyarankan pertunjukan musik virtual secara live streaming.

Instagram/dkijakarta
Christmas Carol di Bundaran HI 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat luas, merembet ke berbagai bidang industri.

Para musisi dan grup musik pun turut terkena dampak pandemi ini, yaitu mereka kehilangan mata pencariannya.

Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, di kantornya pada Selasa (5/5/2020)
Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, di kantornya pada Selasa (5/5/2020) (Warta Kota/Janlika Putri)

Mereka adalah musisi dan grup musik yang biasa manggung di kafe, rumah makan, tempat hiburan, atau di hotel-hotel. Mereka adalah pekerja harian, yang mendapat upah setelah melakukan pekerjaannya.

Karena kafe, rumah makan, tempat hiburan, dan hotel tak boleh menggelar acara, maka para musisi itu tak mendapat pekerjaan.

Karena itulah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, mengeluarkan Surat Edaran (SE) 2015/-1.858.2 yang isinya meminta pengusaha restoran, rumah makan atau kafe di Jakarta tetap memberdayakan para musisi/band di tengah pandemi Covid-19.

Caranya dengan menampilkan para musisi itu secara virtual di tempat usaha mereka.

Live streaming

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan musik hidup belum dilaksanakan di Jakarta. Namun nasib para musisi itu tetap menjadi perhatian Disparekraf, sehingga imbauan soal pemberdayaan itu

“Menayangkan penampilan para musisi/band di tempat usaha yang saudara kelola melalui monitor televisi, screen (layar) dan LED yang telah direkam sebelumnya,” ujar Cucu dalam surat edaran itu.

Bila kafe tidak bisa menayangkan rekaman para musisi, mereka dapat menampilkan band musik secara virtual atau live streaming.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved