New Normal

Sabar Ya, Nonton di Bioskop Baru Bisa Dilakukan pada 29 Juli 2020

Masyarakat pencinta bioskop diminta bersabar sedikit lagi, untuk bisa kembali menyaksikan film di bioskop. Namun anak-anak dan lansia tetap dilarang.

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
CGV Cinemas di Vivo Sentul Bogor resmi dibuka, Kamis (23/1/2020). Dengan tujuh auditorium plus konsep Warung Mie dan Warung Kopi, CGV Cinemas di Vivo Sentul Bogor ini merupakan bioskop CGV pertama di Bogor. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Sudah kangen nonton film di bioskop? Sabar ya, sebab bioskop di Jakarta, bahkan se-Indonesia, kompak akan beroperasi lagi pada 29 Juli 2020.

Padahal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengizinkan bioskop beroperasi mulai 6 Juli, di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

CGV Cinemas di Vivo Sentul Bogor resmi dibuka, Kamis (23/1/2020).
CGV Cinemas di Vivo Sentul Bogor resmi dibuka, Kamis (23/1/2020). (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Namun para pengelola bioskop ini punya alasan tersendiri untuk menunda pembukaan kembali usaha mereka, yakni harus mempersiapkan peranti untuk menerapkan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru.

“Para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan sepakat untuk kembali melakukan kegiatan operasional terhitung mulai Rabu 29 Juli 2020, secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin, dalam siaran pers yang diterima pada Rabu (8/6/2020).

Djonny mengatakan, GPBSI mewakili para pegusaha bioskop yang terdiri dari Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex.

Acuan

Katanya, rencana pembukaan bioskop secara serentak ini mengacu kepada dua payung hukum.

Yang pertama adalah Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020, tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kemudian Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020, tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif, dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

“Perihal penerapan protokol kenormalan baru di lingkungan bioskop, seluruh pengusaha bioskop membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk menyiapkan implementasi penerapan protokol Kesehatan yang dimaksud,” ujar Djonny.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved