Indonesia Belum Masuk "Daftar Aman" Uni Eropa

Warga Negara Indonesia belum diterima di Eropa, sebab Indonesia belum masuk Daftar Aman-nya Uni Eropa.

Warta Kota/Anastasia C Pingkan
Monitor yang berisi informasi kebernangkatan di stasiun kereta api Atocha di Madrid, Spanyol. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin liburan ke Eropa pada bulan-bulan ini, sebaiknya urungkan dulu rencana itu.

Sebagaimana dilansir laman Schengen Visa Info sejumlah negara Eropa yang sering menjadi destinasi WNI belum memasukkan Indonesia ke daftar negara yang diperbolehkan datang berkunjung di masa pandemi Covid-19 ini.

Pintu masuk ke stasiun kereta bawah tanah di dekat Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, yang merupakan kandang klub sepak bola Real Madrid, di Madrid, Spanyol.
Pintu masuk ke stasiun kereta bawah tanah di dekat Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, yang merupakan kandang klub sepak bola Real Madrid, di Madrid, Spanyol. (Warta Kota/AC Pingkan)

Beberapa negara Eropa, seperti Italia dan Spanyol, memang sudah membuka perbatasan mereka kembali, dan siap menerima pengunjung yang akan berlibur di musim panas.

Namun mereka masih membatasi pengunjung dari negara di luar Eropa, dan Indonesia tidak termasuk negara yang sudah diperbolehkan datang.

Daftar Aman

Negara-negara seperti Spanyol di Italia ini berpegang kepada keputusan pejabat Uni Eropa, yang mengumumkan daftar negara di luar benua Eropa yang diperbolehkan berkunjung ke negara-negara anggota mereka, mulai 1 Juli kemarin.

Mereka menyebut daftar itu dengan nama "Daftar Aman".

Negara-negara di Daftar Aman tersebut adalah Aljazair, Australia, Kanada, Georgia, Jepang, Montenegro, Maroko, Selandia Baru, Rwanda, Serbia, Korea Selatan, Thailand, Tunisia, dan Uruguay.

Ke-14 negara tersebut dianggap berhasil menangani masalah pandemi Covid-19, sehingga warganya diyakini tak akan membawa virus saat datang ke tanah Eropa.

Warga Tiongkok sebenarnya juga sudah boleh datang, namun pihak Uni Eropa masih menunggu keputusan dari Beijing soal pembukaan perbatasan mereka bagi warga negara Uni Eropa.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved