Wisata Jakarta

Merayakan Ulang Tahun Museum Bahari dengan Acara Pasar Ikan Explorer

Kuota untuk mengunjungi Pasar Ikan Explorer 2020 sudah habis, untuk kedatangan hari Selasa (7/7/2020).

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota
Museum Kebaharian Jakarta sedang menyelenggarakan pameran Ragam Perahu Tradisional Nusantara pada 23 November sampai 22 Desember 2019. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Animo masyarakat, yang ingin menyaksikan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Bahari Jakarta, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Selasa (7/7) sangat tinggi.

Hal ini terlihat dari kuota pengunjung acara tersebut sudah penuh pada Senin (6/7).

Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta, Mis Ari, mengatakan pihak museum memang membatasi jumlah pengunjung, sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

"Yang tatap muka sudah closed, karena hanya 25 orang maksimal. Kita mengikuti batas maksimal. Lagi pula ruangan juga terbatas karena musti berjarak kursinya," kata Ari, hari ini.

Virtual

Pihak Museum Bahari sudah menyadari situasi ini akan terjadi, sehingga mereka menyiapkan fasilitas berkunjung secara virtual lewat aplikasi Zoom Meeting.

Fasilitas virtual ini bahkan bisa diakses sampai tanggal 12 Juli 2020, sehingga warga yang tak bisa hadir secara langsung selama penyelenggaraan acara ini, bisa berwisata secara virtual.

"Link zoom udah kita share di media sosial. Langsung saja bergabung karena kuotanya banyak, enggak terbatas," kata Ari.

Budaya pesisir

Pasar Ikan Explorer ini adalah kegiatan untuk merayakan ulang tahun Museum Bahari ke-43. Museum ini pertama kali beroperasi pada 7 Juli 1977.

Ari mengatakan Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, akan membuka rangkaian kegiatan ulang tahun itu, yang memiliki tema "Budaya Pesisir Sebagai Harmonisasi Indonesia".

Pada hari pertama akan digelar diskusi dengan tiga narasumber, mengangkat topik "Penulisan Sejarah Kebaharian Indonesia".

Mereka adalah Direktur Pemanfaatan dan Pengembangan Dirjen Kebudayaan, Restu Gunawan; Kepala Seksi Penulisan dan Penyajian Subdisjarah Dispenal TNI AL, Heri Sutrisno; dan Jodhi Yudono sebagai perwakilan jurnalis dan musisi.

"Pembicara sudah confirm, dua hadir langsung, satu via zoom, yakni Direktur Pemanfaatan dan Pengembangan," kata Ari.

Bazar dan workshop

Ari menjelaskan, seluruh persiapan kegiatan HUT ke-43 Museum Bahari Jakarta tersebut telah rapih dan tidak ada kendala.

Selama acara berlangsung akan dimeriahkan sekitar 10-15 stand bazar, dengan berbagai macam produk dari daerah pesisir. Mulai dari kuliner hingga cenderamata.

Ada juga demo masak menu khas pesisir yang disponsori sebuah produk eletronik, dan kegiatan workshop rajutan plastik limbah laut bagi warga Kampung Akuarium.

"Target pengunjung nantinya adalah khusus komunitas, seperti Darma Wanita dan warga Kampung Akuarium. Tapi pengunjung umum juga bisa datang dan tidak dikenakan biaya. Cukup membeli tiket masuk saja," tuturnya.

Pihaknya tidak memiliki target jumlah pengunjung, bahkan mereka membatasi hanya 25 orang setiap harinya, selama lima hari ke depan karena pandemi Covid-19.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved