New Normal

Kawasan Monas Batal Dibuka Kembali pada 20 Juni 2020

Kawasan Monumen Nasional (Monas) batal dibuka pada Sabtu (20/6), karena izin dari Gubernur DKI Jakarta dicabut.

Warta Kota/Angga Baghya N
Petugas pemadam kebarakan menyemprotkan cairan disinfektan di kompleks Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020). Penyemprotan disinfektan ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 jelang dibukanya kembali untuk umum di era PSBB transisi. 

WARTA KOTA TRAVEL, GAMBIR -- Tunda dulu keinginan Anda berwisata ke kawasan Monas (Monumen Nasional) pada akhir pekan ini.

Pasalnya, obyek wisata murah meriah bagi warga Jakarta itu masih tutup pada Sabtu (20/6/2020).

Meski pun Monas termasuk kawasan wisata yang direncanakan akan dibuka kembali pada hari Sabtu ini, walakin Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membatalkannya pada Jumat (19/6).

“Berdasarkan instruksi pimpinan masih menunggu arahan selanjutnya, karena Monas masuk sebagai ring satu (area terbatas),” kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Isa Sianturi, saat dikonfirmasi pada Jumat sore.

Sudah siap

Isa sendiri terkejut dengan keputusan gubernur tersebut, sebab pihak UPK telah melakukan persiapan matang untuk membuka Monas kembali.

Di antaranya dengan melakukan sterilisasi di kawasan tugu Monas hingga taman Monas, dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Namun berdasarkan sejumlah pertimbangan pimpinan, pembukaan Monas terpaksa dibatalkan.

“Pimpinan kami kan banyak, ada kepala dinas, asisten, sekda hingga gubernur. Ada kajian-kajannya. Mungkin karena itu ring satu, jadi harus dipersiapkan dengan matang,” ujar Isa.

Isa juga belum tahu apakah pembukaan Monas akan dilakukan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke- 493, pada Senin (22/6/020).

Katanya, keputusan soal tersebut ada di level pimpinan, dalam hal ini kepala daerah. Sementara dirinya hanya pengelola Kawasan Monas.

“Ditunda sampai kapan saya juga enggak tahu, itu berdasarkan arahan pimpinan bukanya kapan. Kami sifatnya hanya menunggu dari keputusan beliau,” ujar Isa.

Pemprov DKI Jakarta memang berencana membuka kembali taman rekreasi indoor dan outdoor pada pekan ketiga PSBB transisi fase satu, yakni Sabtu besok.

Ketika Monas dibuka untuk umum di massa PSBB transisi, anak-anak dan ibu hamil dilarang masuk ke area Monas.

Soalnya mereka rentan terdampak penyebaran virus corona.  (Fitriyandi Al Fajri)

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved