New Normal

Santika Indonesia Hotels & Resorts Adaptasi New Normal dengan SOP Baru

Santika Indonesia Hotels & Resorts melakukan perubahan prosedur operasional hotel, agar memenuhi protokol kesehatan.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota
The Garden, spot outdoor yang asyik untuk kongkow atau menggelar party luar ruang di Hotel Santika Mega City Bekasi, yang berada di area Mega Bekasi Hypermall, Kota Bekasi, Jumat (22/11/2019). 

WARTA KOTA TRAVEL,  JAKARTA -- Santika Indonesia Hotels & Resorts telah membuka kembali sejumlah hotelnya, seiring melonggarnya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah daerah di Indonesia.

L Sudarsana, selaku General Manager Business Development & Marketing Communication Department Santika Indonesia Hotels & Resorts, mengatakan bahwa 80 unit hotel Santika akan dibuka secara bertahap mulai tanggal 4 Juni 2020 kemarin.

“Kami mempersiapkan pembukaan kembali hotel-hotel kami dengan menerapkan SOP baru. Seperti untuk tamu, kami tidak hanya mengukur suhu tubuh dan mewajibkan mereka menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki lobby hotel. Kami juga akan menyemprot bagian telapak dari alas kaki mereka dan roda pada koper yang dibawa.” kata Sudarsana, dalam siaran pers yang dikirim ke Redaksi Warta Kota Travel.

Bahkan protokol kesehatan sudah dilakukan sejak tamu dijemput di bandara setempat. Staf Santika akan memberikan satu set alat pelindung diri, seperti masker dan sarung tangan karet.

Bagi tamu yang datang tanpa dijemput pihak hotel, bisa mendapatkan alat pelindung diri itu di Front Office untuk dikenakan saat melakukan pendaftaran masuk (check in).

Sarapan pagi berubah

Santika juga mengubah bentuk layanan sarapan pagi, dengan menyediakan sarapan pagi dalam bentuk boks.

Tamu dapat memesan menu yang diinginkan dengan mengisi formulir yang diletakkan di gagang pintu (door knob). Kemudian formulir itu digantung di bagian luar pintu kamarnya, karena ada petugas yang mengumpulkannya.

Sebelum pandemi Covid-19 ini, Santika menyajikan sarapan pagi dalam bentuk jamuan prasmanan (buffet). Hanya saja, jamuan buffet ternyata memiliki peluang menularkan virus.

Wajib mandi

Santika juga melakukan persiapan bagi karyawan mereka, sebelum melakukan kontak dengan tamu.

Sebelum sebuah unit hotel Santika dibuka, manajemen melakukan Rapid test Corona Virus kepada seluruh karyawan.

“Selanjutnya, sebelum masuk hotel untuk bekerja, karyawan akan diperiksa suhu tubuhnya. Untuk seragam akan selalu dicuci setiap hari, dan karyawan diwajibkan mandi saat sampai di
hotel dan setelah selesai bekerja. Kami juga mewajibkan karyawan yang berhubungan langsung dengan tamu, seperti Front Office dan Housekeeping untuk menggunakan face shield setiap saat.” ujar Sudarsana kembali.

Kolam renang tutup

Meski pun hotel-hotel sudah dibuka kembali, namun manajemen Santika masih menutup fasilitas hotel yang digunakan bersama.

Maka restoran, kolam renang, dan sasana kebugaran untuk sementara tidak dapat digunakan tamu.

Sudarsana memperkirakan masa uji coba SOP New Normal ini dijalankan sampai satu bulan ke depan, sambil pihaknya memantau perkembangan situasi. (*)

Tiga Alat yang Muncul di Masa Pandemicovd 19

Lantai Dansa Ditutup, Kelab Malam di Berlin jadi Beer Garden

Masyarakat Harus Reservasil Dulu Untuk Berwisata ke Ancol Taman Impian

Eksperimen NHK Menyiratkan New Normal pada Tata Cara Jamuan Prasmanan Pascacovid-19

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved