Ibadah Haji

Arab Saudi Kaji Pemangkasan Kuota Jemaah agar Ibadah Haji 1441 H Tetap Terlaksana

Ibadah Haji 1441 H bisa tetap dilaksanakan dengan memangkas kuota jemaah setiap negara sampai 80 persen.

Darmawan/MCH2019
Suasana Masjid Nabawi di Madinah hari ini, Sabtu (6/7/2019) jelang kedatangan jemaah haji Indonesia. Sebanyak 1.800 jemaah haji Indonesia asal Embarkasi Surabaya dan Batam hari ini dijadwalkan tiba di Madinah. 

WARTA KOTA TRAVEL, JAKARTA -- Kerajaan Arab Saudi masih menimbang-nimbang berbagai opsi pelaksanaan Ibadah Haji 1441 H, atau tahun 2020 ini.

Pandemi Covid-19 memang membuat ritual ibadah tahunan itu menjadi muskil dilaksanakan, mengingat sifat dari ibadah itu adalah mengumpulkan banyak umat muslim dari seluruh dunia di kota Mekah.

Apalagi kasus Covid-19 di Arab Saudi melonjak drastis pada awal pekan ini, dan langsung menjadi pertimbangan Pemerintah Arab Saudi soal penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini.

Memangkas kuota

Sebagaimana dilansir harian The Week, yang mengutip kantor berita Reuters, salah satu opsi yang tengah dipertimbangkan ialah mengurangi jumlah jemaah yang boleh datang, untuk melaksanakan Rukun Islam ke-5 itu pada tahun ini.

"Dengan protokol kesehatan yang ketat, Pemerintah mempertimbangkan tetap melaksanakan Ibadah Haji dengan membatasi jemaah. Mungkin kami masih bisa melaksanakan ibadah ini dengan jumlah jemaah hanya 20 persen dari kuota tahunan setiap negara," ujar sumber Reuters di Kementerian Haji dan Umrah.

Para jemaah itu untuk menjadi simbol agar kegiatan Ibadah Haji tetap berlangsung setiap tahun, sejak Kerajaan Arab Saudi berdiri pada tahun 1932.

Untuk menjadi orang yang terundang itu persyaratannya juga lebih berat, yakni berusia muda dan memiliki kesehatan prima berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang paripurna.

Pada tahun 2019, Arab Saudi menerima 2,5 juta jemaah haji dari seluruh dunia, begitu juga tahun-tahun sebelumnya.

Dengan pemangkasan 80 persen dari kuota setiap negara, maka hanya 500.000 orang saja yang bisa melakukan Ibadah Haji. Itu pun jika Pemerintah Saudi tetap akan menyelenggarakannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved