Pascacovid 19

Presiden Jokowi Lihat Langsung Kesiapan Sektor Retail Terapkan Kenormalan Baru

Presiden Joko Widodo memastikan kesiapan sektor usaha retail menjalankan kenormalan baru, dengan berkunjung ke Mal Summarecon Bekasi.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Rafsanjani Simanjorang
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Mal Summarecon Bekasi, Selasa (26/5/2020), memantau kesiapan seoktor usaha retail dalam menerapkan protokol operasional baru. 

WARTA KOTA TRAVEL, BEKASI -- Pemerintah Republik Indonesia (RI) menjadwalkan sektor usaha retail mulai beroperasi kembali pada tanggal 1 Juni 2020.

Namun diberlakukan pula protokol kesehatan yang ketat, agar demi menjaga agar risiko penularan virus corona tidak melonjak lagi.

Tak kurang dari Presiden RI, Joko Widodo, meninjau langsung kesiapan sektor usaha retail ,dalam melaksanakan protokol kesehatan baru itu.

Presiden berkunjung ke Mall Summarecon, Bekasi, guna memastikan kesiapan sektor ini untuk melaksanakan standar baru (new normal) operasional.

Jokowi didampingi Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Simulasi

Mall Summarecon Bekasi terpilih sebagai lokasi simulasi new normal di bidang perniagaan, terutama dalam hal melatih kedisplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan ketat.

Selanjutnya selama 14 hari Pemerintah akan memantau situasi kasus Covid-19 di Bekasi.

"TNI dan Polri akan mengawasi pelaksanaannya, dan memastikan jalannya protokol kesehatan dengan baik. Seperti pemakaian masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan atau berdesak-desakan," ujar Jokowi, Selasa (26/5/2020).

Sementara itu, pada hari ini TNI dan Polri telah menggelar anggotanya di empat provinsi dan 25 kabupaten dan kota, yakni Sumatera Barat, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Gorontalo.

Jokowi meyakini masyarakat Indonesia mampu masuk ke tatanan baru (new normal), yang disertai dengan kesadaran dan kedisiplinan yang kuat sehingga mampu bertahan di tengah pandemi.

"Satu minggu ini kami akan melihat dampaknya seperti apa, sebelum melebarkannya ke kota lain," ujarnya.

Amanah

Pihak Mall Summarecon Bekasi sangat bangga dipilih sebagai lokasi simulasi standar baru operasional sektor usaha retail.

Adrianto P Adhi, selaku President Director Mall Summarecon Bekasi, mengatakan pihaknya siap menjalankan amanah itu.

"Kami menanggapi ini dengan serius. Ada tanggung jawab di sana secara moral dan juga kesehatan, agar dapat menjadi contoh bagi mal yang lain," ujarnya kepada wartawan.

Adrianto P Adhi, President Director Summarecon Bekasi Mall, menyatakan malnya siap menjalankan simulasi kenormalan baru sektor retail, Selasa (26/5/2020).
Adrianto P Adhi, President Director Summarecon Bekasi Mall, menyatakan malnya siap menjalankan simulasi kenormalan baru sektor retail, Selasa (26/5/2020). (Warta Kota/Rafsanjani Simanjorang)

Dia mengatakan pihaknya siap memberikan edukasi kepada masyarakat, untuk menjalani hidup baru saat berbelanja.

Selain itu, pihaknya juga mendapat dukungan dari TNI dan Polri, dalam menerapkan disiplin diri melakukan tatanan baru, seperti penggunaan masker, jaga jarak, cuci tangan, dan lainnya di mal.

"Kami akan buka secara bertahap tanggal 8 Juni mendatang. Mengapa secara bertahap, karena ada aturan protokol yang harus kami tata dengan begitu serius, dan kami tak ingin main-main dengan virus ini. Semua harus sesuai protokol kesehatan," ujarnya.

Membatasi jumlah pengunjung

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved