Dampak wabah Covid 19

Setelah Kasus Penumpang Berjubel, Proses Verifikasi Dolumen Dipecah Menjadi 4 Posko

PT Angkasa Pura II melakukan perubahan proses verivikasi dokumen, dengan memecahnya menjadi empat pos.

Setelah Kasus Penumpang Berjubel, Proses Verifikasi Dolumen Dipecah Menjadi 4 Posko
Warta Kota/Andika Panduwinata
Antrean calon penumpang di depan konter verivikasi dokumen, di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (15/5). Hari ini penumpang lebih tertib dibanding hari sebelumnya. 

WARTA KOTA TRAVEL, BANDARA - Dua  hari berturut-turut Bandara Soekarno Hatta dibanjiri calon penumpang pada pagi hari.

Efeknya adalah penumpang berjubel di depan konter pemeriksaan dokumen syarat bepergian calon penumpang, yang berada di Terminal 2 pada Kamis (14/5).

Kemudian di hari Jumat (15/5) penumpang sudah tertib mengantre, namun antreannya sangat panjang sampai mengular.

Pada hari Jumat ini pihak PT Angkasa Pura II, sebagai pengelola Bandara Soekarno Hatta, memberlakukan kebijakan baru yang mengatur aliran penumpang, sehingga tidak terjadi kerumunan seperti sehari sebelumnya.

Kebijakan baru itu diterapkan tidak hanya di Terminal 2, tetapi juga di Terminal 3.

Alur penumpang

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, kebijakan baru itu adalah penataan kembali sistem antrean penumpang, pembatasan frekwensi penerbangan, dan memastikan jumlah penumpang di setiap penerbangan hanya 50 persen dari kapasitas kursi pesawat.

“Kami telah melakukan evaluasi dan kemudian mengimplementasikan kebijakan baru. Pada pagi hari ini proses keberangkatan penumpang rute domestik di Soekarno-Hatta berjalan lancar. Baik itu di Terminal 2 dan 3,” ujar Awaluddin.

Sistem antrean penumpang di Terminal 2, katanya, kini dipecah menjadi 4 posko, di mana posko pertama adalah verifikasi dokumen calon penumpang, yang dilakukan di teras sebelum pintu masuk gedung terminal.

Antrean verivikasi persyaratan berupa surat keterangan sehat dna bebas Covid-19, surat tugas, rencana perjalanan di kota tujuan, dna tiket pesawat.
Antrean verivikasi persyaratan berupa surat keterangan sehat dna bebas Covid-19, surat tugas, rencana perjalanan di kota tujuan, dna tiket pesawat. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Posko kedua berada di dalam gedung terminal, di mana calon penumpang mengisi dokumen kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card / HAC) dan formulir epidemiologi, serta diukur suhu tubuhnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved