Dampak Wabah Covid 19

Kemenparekraf Pastikan Pekerja Pariwisata Masuk Program Perlindungan Ketenagakerjaan

Kemenparekraf Wishnutama memastikan semua pekerja sektor pariwisata prioritas masuk program perlindungan ketenagakerjaan.

Kemenparekraf Pastikan Pekerja Pariwisata Masuk Program Perlindungan Ketenagakerjaan
Instagram/prakerja.go.id
Siapa saja yang bisa mendapat Kartu Prakerja? 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memastikan bahwa para pekerja di bidang pariwisata bisa menjadi prioritas dalam memperoleh program-program perlindungan ketenagakerjaan.

Sebagaimana dilansir siaran pers Kemenparekraf, hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (1/5/2020).

“Dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi terkait ketenagakerjaan, telah dilaporkan bahwa sektor yang utamanya terdampak Covid-19 adalah pariwisata, restoran, sarana umum, transportasi, dan ritel. Dampaknya itu lebih dari 40 persen. Bahkan restoran dan pariwisata itu sekitar 70 persen,” kata Wishnutama.

Melihat dari daerah yang paling terdampak, menurut Wishnutama adalah Bali, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Utara.

Jakarta juga termasuk yang industri wisatanya lumpuh, akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Lebih 1 juta

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan 1 juta lebih tenaga kerja dirumahkan, termasuk sumber daya manusia (SDM) pariwisata.

Jumlah masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 375.000. Alhasil jumlah total pekerja yang dirumahkan mencapai 1,4 juta orang.

Kemudian pekerja informal yang tak bisa bekerja sebanyak 314.833 orang, sehingga jumlah totalnya naik lagi menjadi 1,7 juta.

Oleh karena itu, Wishnutama memastikan pihaknya akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait, khususnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), agar para pekerja pariwisata menjadi prioritas dalam mendapatkan bantuan dari program pemerintah, termasuk kartu prakerja.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved