Larangan mudik

Ini Dokumen yang Harus Dibawa Wakil Penumpang Saat Mengurus Pengembalian Uang Pembelian Tiket KA

Mengurus pengembalian bea tiket bisa diwakilkan, asal perwakilan itu membawa surat kuasa dan kartu identitas asli calon penumpang yang diwakilkannya.

Ini Dokumen yang Harus Dibawa Wakil Penumpang Saat Mengurus Pengembalian Uang Pembelian Tiket KA
Warta Kota/Angga Baghya N
Loket pembatalan tiket di Stasiun Pasarsenen pada Selasa (17/3/2020). 

Sejak Pemerintah memberlakukan larangan mudik  di area Daop 1 Jakarta, seluruh perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal berhenti.

Secara total, terdapat 70 perjalanan KA Jarak Jauh dan 31 perjalanan KA Lokal di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan.

Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, tampak sepi dari hari biasanya, Minggu (26/4/2020). PT KAI Daop 1 mulai Jumat (24/4/2020) tidak mengoperasikan Kereta Api Jarak jauh dan Lokal.
Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, tampak sepi dari hari biasanya, Minggu (26/4/2020). PT KAI Daop 1 mulai Jumat (24/4/2020) tidak mengoperasikan Kereta Api Jarak jauh dan Lokal. (Warta Kota/Angga Baghya N)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun mengumumkan akan mengembalikan 100 persen uang pembelian tiket, alias tanpa potongan biaya pembatalan.

Pembatalan itu bisa dilakukan oleh pembeli sendiri atau diwakilkan kepada orang lain. Namun jika diwakilkan, ada persyaratan yang harus diikuti.

Hanya saja, menurut KA Humas PT KAI Daop 1Jakarta, Eva Chairunisa, kebanyakan dari pembatalan yang diwakilkan itu tak bisa diproses karena persyaratannya tidak lengkap.

"Kebanyakan yang terjadi ini, orang yang ditunjuk mewakili penumpang tidak bawa surat kuasa, tidak bawa ID (kartu identitas seperti KTP atau SIM) asli. Ini akan menyulitkan kami mengembalikan uang tunai pembeliaan tiket," kata Eva dalam keterangnya, Rabu (29/4/2020).

Sebaiknya, saran Eva, calon penumpang membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi daring (online) KAI Access. Atau menghubungi Contact Center KAI 121, untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Sejumlah prosedur dilakukan agar proses pengembalian uang tunai berjalan aman, dan tidak terjadi kondisi yang merugikan calon penumpang,

Supaya juga tidak terjadi kesalahan besaran nilai pengembalian bea tiket, yang diberikan dalam bentuk tunai secara langsung di loket stasiun.

PT KAI Daop 1 memohon kerja sama dari masyarakat untuk memahami hal tersebut, dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan demi keamanan dan kenyamanan bersama. (Joko Supriyanto)

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved