Larangan mudik

Nunik dan Basuki Panik Tak Bisa Pulang ke Lampung

Nunik dan Basuki tak bisa pulang ke Lampung, karena penerbangan mereka dibatalkan. Kini mereka bingung mencari cara bisa tiba di rumah.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Andika Panduwinata
Nunik dan Basuki, calon penumpang pesawat ke Lampung di ruang tunggu Terminal 2 Keberangkatan Bandara Soekarno Hatta. Penerbangan mereka dibatalkan karena aturan larangan mudik. 

WARTA KOTA TRAVEL, BANDARA - Wajah Nunik terlihat muram dan matanya sembab. Bagaimana tidak, dia baru saja menangis karena panik tak bisa pulang ke Lampung.

Pasalnya tidak ada penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada hari ini, Jumat (24/4).

Basuki menunjukkan tiket penerbangan yang dibatalkan pihak maskapai penerbangan, karena aturan larangan mudik. Dia dan istrinya, Nunik terlunta-lunta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Basuki menunjukkan tiket penerbangan yang dibatalkan pihak maskapai penerbangan, karena aturan larangan mudik. Dia dan istrinya, Nunik terlunta-lunta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Mengenakan gamis dan kerudung senada berwarna biru,  Nunik duduk di ruang tunggu Terminal 2 Keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Basuki, suaminya ada di sebelahnya.

Mereka masih berpikir keras, mencari cara bisa pulang ke Lampung pada hari ini. Nunik pun mengaku kecewa atas kejadian ini.

"Saya mau pulang ke Lampung, tapi penerbangannya enggak bisa," ujar Nunik dengank muram kepada Warta Kota.

Dia dan suami membawa barang cukup banyak, keperluan usahanya di Lampung. 

"Saya bingung harus gimana," katanya lagi dengan suaranya bergetar.

Nunik mengungkapkan, dirinya berbisnis dagang batik di Lampung, sehingga dia dan Basuki memutuskan ke Jakarta untuk keperluan bisnisnya.

"Saya kepikiran anak - anak di kampung. Anak saya ada 3, makanya enggak tahu mau gimana ini caranya untuk pulang," katanya lirih.

Kebingungan senada juga diutarakan Basuki. Katanya, pihak maskapai penerbangan yang membatalkan jadwal penerbangan tanpa sepengetahuannya.

"Saya sudah terpaksa beli tiket., diganti oleh maskapai, tapi dalam bentuk voucher. Voucher itu baru bisa digunakan sesudah 6 bulan dari sekarang," kata Basuki.

"Bingung gimana pulangnya? Jalur darat mau lewat Merak katanya ditutup. Lewat jalur udara juga naik pesawat enggak bisa terbang," tambahnya.

Kekhawatiran mereka berdua juga ditambah bagaimana nasib mereka malam ini.

"Kalau kami enggak bisa pulang terus mau tidur di mana? Di hotel kan mahal. Belum lagi makannya. Ini saja terpaksa naik pesawat bayar tiket Rp 850.000, tapi malah enggak bisa terbang," tutur Nunik.

Selain Nunik dan Basuki, di ruang tunggu Terminal 2 Keberangkatan itu juga tampak beberapa calon penumpang lain, yang juga sedang bingung dengan nasib mereka.

Stop penerbangan komersial

Bandara Internasional Soekarno Hatta menghentikan penerbangan komersial secara total, setelah terbit Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Kami sampaikan bahwa mulai hari ini Bandara Soekarno-Hatta tidak melayani penerbangan yang mengangkut penumpang. Kami hanya melayani angkutan kargo dan penerbangan khusus saja, sesuai ketentuan dalam Permenhub 25 Tahun 2020," kata Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, tadi siang.

Termina 3 Keberangkatan Bandara Soekarno Hatta tampak sepi akibat pandemi Covid-19.
Termina 3 Keberangkatan Bandara Soekarno Hatta tampak sepi akibat pandemi Covid-19. (Warta Kota/Nur Ichsan)

Calon penumpang yang memiliki jadwal keberangkatan selama berlakunya aturan larangan mudik, diminta Agus segera menghubungi pihak maskapai penerbangan, untuk mengurus tiketnya.

"Kami imbau kepada pengguna jasa yang telah memiliki tiket penerbangan dalam waktu dekat, atau selama peraturan larangan mudik tersebut diberlakukan, agar menghubungi pihak maskapai untuk melakukan refund atau reschedule penerbangan," kata Agus. (Andika Panduwinata)

Bandara Soekarno Hatta Stop Penerbangan Komersial Mulai Besok

Buka Puasa Ala Hotel JW Marriott Jakarta dengan Iftar to You

Apakah Pembatasan Sosial Akan Membunuh Penerbangan Murah?

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved