Enam Turis Asing Terpaksa Tinggal di Gua di Dekat Rishikesh Akibat Terjebak Lockdown India

Lockdown di India menyebabkan enam turis asing tak bisa pulang, dan terpaksa tinggal di gua.

Enam Turis Asing Terpaksa Tinggal di Gua di Dekat Rishikesh Akibat Terjebak Lockdown India
uttarakhandtourism.gov.in
Poster wisata milik Uttarakhand Tourism. 

Bukan hanya pelaku industri pariwisata yang terkena hantaman telak pandemi Covid-19 ini, turis kere pun juga kena getahnya.

Sebagaimana diwartakan CNN, baru-baru ini polisi India menemukan enam turis asing, yang melakukan pembatasan sosial di dalam sebuah gua dekat kota Rishikesh, Provinsi Uttarakhand.

Keenam orang itu, yang terdiri dari empat pria dan dua perempuan, sudah tinggal di gua tersebut sejak tanggal 24 Maret 2020. Sementara polisi datang menjemput mereka pada Minggu (19/4), sehingga hampir sebulan mereka berada di sana.

Menurut cerita mereka, yang disampaikan jurubicara Kepolisian Uttarakhand, Mukesh Chand, Provinsi Uttarakhand keburu melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 20 Maret lalu sehingga mereka tak bisa keluar dari tempat itu.

Pasalnya PSBB itu menyebabkan tak ada angkutan umum yang masuk ke provinsi tersebut. Turis asing pun sebenarnya tak boleh masuk, menurut instruksi gubernur provinsi tersebut.

"Keenam turis ini tadinya tinggal di hotel, tapi lama-lama uang mereka menipis sehingga mereka pindah dari hotel ke gua ini," kata Mukesh Chand yang dikutip CNN.

Menariknya, para turis itu tadinya tak saling mengenal dan mereka berasal dari Prancis, Turki, Ukraina, Amerika Serikat, dan Nepal.

Namun karena nasib dan sepenanggungan, mereka jadi bekerja sama untuk bertahan hidup. Sisa uang yang mereka punya dikumpulkan untuk membeli bahan makanan, selama mereka tinggal di gua tersebut.

Oleh polisi, para turis itu diisolasi di sebuah ashram yoga, yang memang banyak terdapat di Rishikesh. Kota ini memang terkenal sebagai kota yoga, karena banyak orang dari seluruh dunia datang untuk belajar oleh tubuh asal India tersebut.

Bahkan grup musik The Beatles datang ke kota ini pada tahun 1968, dan menghasilkan 40 lagu dalam lawatan ke India tersebut.

Menurut CNN, keenam orang itu harus melakoni masa isolasi 14 hari. Namun tak disebutkan kelanjutan nasib mereka.

Pemerintah India sendiri membuka situs berjudul "Stranded in India", yang memberikan informasi bagi para turis asing yang "terkunci" di negara tersebut akibat lockdown nasional.

Sampai Selasa (21/4), dilaporkan ada 17.615 kasus Covid-19, dan sudah 559 orang meninggal dunia.

Terminal Bus Masih Tunggu Instruksi Pemprov, Terkait Larangan Mudik

PO Bus Ingin Dapat Keringanan Cicilan Juga Seperti Ojol

Terkait Larangan Mudik, Polisi Akan Lakukan Penyekatan dan Pengalihan di 3 Titik Jalan Tol

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved