Tabrakan Pesawat di Bandara Dubai Akibat Alpa Jaga Jarak

Sebuah pesawat British Airways dan sebuah pesawat Emirates bertabrakan di Bandara Dubai.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter
Pesawat A350K milik British Airways menabrak pesawat Boeing 777-300 milik Emirates di Bandara Dubai, Senin (13/4/2020). 

Di masa pembatasan sosial ini, di mana manusia harus menjaga jarak dengan manusia lainnya, dua pesawat malah "gandengan".

Tentu saja hasilnya sangat buruk, karena kedua pesawat itu jadi rusak.

Tabrakan pesawat: Bagian horizontal elevator pesawat Emirates tersodok horizontal elevator British Airways di Bandara Dubai pada Senin (13/4/2020)
Tabrakan pesawat: Bagian horizontal elevator pesawat Emirates tersodok horizontal elevator British Airways di Bandara Dubai pada Senin (13/4/2020) (Twitter)

Sebagaimana diwartakan Daily Mail, peristwa itu terjadi di Bandara Dubai pada Senin (13/4) malam waktu setempat, melibatkan pesawat milik British Airways (BA) dan Emirates.

Menurut artikel di harian Inggris tersebut, pesawat BA yang menabrak pesawat milik Emirates.

Pesawat jenis Airbus A350K bernomor G-XWBA tersebut sedang mundur dari gate, untuk proses lepas landas menuju London.

Hanya saja, entah salahnya di mana, bagian yang disebut horizontal elevator, yang bentuknya seperti sayap kecil di bagian belakang pesawat di bawah ekor, milik pesawat yang baru berusia 6 bulan tersebut malah menyodok horizontal elevator Emirates.

Pesawat Emirates tersebut, sebuah Boeing 777-300 dengan nomor A6-EBR, sedang parkir di gate seberang pesawat BA tersebut.

Foto-foto di tempat kejadian kecelakaan tersebut kemudian beredar di Twitter sebuah forum pilot, dan kemudian menjadi viral di Inggris dan Uni Emirat Arab.

Dari foto-foto tersebut terlihat horizontal elevator Boeing 777 tersebut ringsek terkena hantaman A350.

Tabrakan pesawat: Bagian horizontal elevator pesawat Emirates tersodok horizontal elevator British Airways di Bandara Dubai pada Senin (13/4/2020).
Tabrakan pesawat: Bagian horizontal elevator pesawat Emirates tersodok horizontal elevator British Airways di Bandara Dubai pada Senin (13/4/2020). (Twitter)

Sudah pasti pesawat BA tersebut menangguhkan keberangkatannya ke London, karena harus menjalani pemeriksaan menyeluruh demi keselamatannya.

Pihak BA, yang dikutip Daily Mail, menyatakan sudah memulai investigasi mengenai peristiwa tersebut, dan memeriksa kondisi pesawat.

"Keselamatan adalah prioritas utama kami. Pesawat itu akan diperiksa secara menyeluruh sebelum dinyatakan layak untuk terbang," begitu bunyi pernyataan resmi BA.

Pada saat kejadian kedua pesawat dalam keadaan kosong alias tak mengangkut penumpang.

Setiap pesawat modern memiliki kamera di bagian belakang, sehingga pilot bisa melihat ruang saat memundurkan pesawat,

Hanya saja dalam kasus ini, kamera di pesawat BA ternyata menghadap ke arah lain. Bisa jadi karena itu pilot tak menyadari pesawatnya terlalu jauh mundur.

Namun, dalam proses memundurkan pesawat juga ada peran besar para petugas bandara (ground staff). Pasalnya pesawat juga harus ditarik oleh mobil bandara untuk mundur.

Kemudian ada ground staff yang tugasnya seperti tukang parkir, membantu pilot saat memarkir dan memundurkan pesawat.

Maka peristiwa ini memang harus diselidiki secara tuntas di mana letak kealpaannya, agar peristiwa serupa tidak terjadi di masa depan.

Emirates Lakukan Penerbangan Khusus ke Jakarta Hari Ini

Etihad Airways Umumkan Tambahan Rute Penerbangan Repatriasi

9 Penganan Enak yang Disajikan Maskapai Penerbangan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved