Etihad Airways Umumkan Tambahan Rute Penerbangan Repatriasi

Etihad Airways melakukan penerbangan khusus ke Jakarta, untuk memulangkan WNI yang bermukim di Uni Emirat Arab.

Etihad Airways Umumkan Tambahan Rute Penerbangan Repatriasi
Instagram/etihadairways
Salah satu pesawat maskapai Etihad Airways 

Bukan hanya Emirates yang menerbangkan pesawatnya ke Jakarta, untuk memulangkan warga negara Indonesia yang bermukim di Uni Emirat Arab (UEA).

Maskapai penerbangan Etihad Airways juga melakukannya. Bahkan maskapai yang berbasis di kota Abdu Dhabi sudah melakukan penerbangan repatriasi, bahasa kerennya pemulangan, ini sejak 5 April lalu.

Sebanyak 184 warga negara Indonesia (WNI), yang merupakan pekerja migran Indonesia, pulang ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Etihad pada 9 April 2020.
Sebanyak 184 warga negara Indonesia (WNI), yang merupakan pekerja migran Indonesia, pulang ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Etihad pada 9 April 2020. (Twitter/KBRI Abu Dhabi)

Sebagaimana dilansir dalam siaran pers Etihad, Jakarta termasuk dalam 11 kota yang menjadi destinasi penerbangan khusus repatriasi ini.

Kota-kota lainnya adalah Manila (Filipina), Melbourne (Australia), Seoul (Korea Selatan), Singapura, Tokyo (Jepang), Amsterdam (Belanda), Brusel (Belgia), Dublin (Irlandia), London (Inggris), dan Zurich (Swiss).

Hanya saja, dalam siaran pers tersebut merinci jadwal keberangkatan pesawat yang ke Jakarta. Tak ada pula informasi mengenai frekuensi penerbangan ke Indonesia tersebut.

Maskapai tersebut hanya menjelaskan prosedur check-in yang baru, yang sesuai dengan aturan pembatasan sosial.

Namun, sebagaimana dikutip dari tweet KBRI Abu Dhabi, Etihad telah menerbangkan 184 pekerja migran Indonesia pada 9 April lalu. Pesawat yang mengangkut mereka bertolak pada pukul 15.35 waktu setempat.

Pembatasan sosial

Calon penumpang harus tiba beberapa jam sebelum keberangkatan, karena akan ada banyak pemeriksaan di Bandara Abu Dhabi.

Yang paling pertama tentu saja pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke area keberangkatan.

Kemudian pihak otoritas bandara menetapkan 2 meter jarak antarpenumpang, sehingga masuk ke ruang check-in pun akan diatur.

Calon penumpang juga diharuskan mengenakan masker selama perjalanan.

Untuk informasi, penerbangan repatriasi WNI juga dilakukan oleh maskapai penerbangan Emirates dari Dubai, pada Rabu (15/4).

Sementara itu, berdasarkan rilis dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia di akun Instagram resmi mereka, Rabu (15/4), tercatat 390 orang WNI mengidap Covid-19 di luar negeri.

Tiga orang di antaranya berada di UEA, dan dalam kondisi stabil. (*)

Emirates Lakukan Penerbangan Khusus ke Jakarta Hari Ini

Hotel Mercure Cikini dan Hotel MaxOne Jalan Pemuda Jadi Akomodasi Tenaga Medis

Kalayang Bandara Soekarno Hatta Akan Stop Beroperasi Untuk Sementara

Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved