Dampak wabah Covid 19

Kemenparekraf Luncurkan Program #BeliKreatifLokal Bagi Pelaku Ekraf di Jabodetabek

Kemenparekraf luncurkan program #BeliKreatifLokal untuk membantu pelaku ekonomi kreatif yang terdampak Pandemi Covid-19.

Kemenparekraf Luncurkan Program #BeliKreatifLokal Bagi Pelaku Ekraf di Jabodetabek
Warta Kota/Janlika Putri
Es goyang yang sudah diberi cokelat leleh akan ditaburi kacang tumbuk. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak masyarakat mendukung dan membantu usaha para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di masa darurat Covid-19 ini, melalui program bertajuk #BeliKreatifLokal.

Melalui program tersebut, Kemenparekraf sekaligus membuka kesempatan bagi para pelaku ekraf memasarkan produk-produknya di situasi pandemi ini, terutama bagi pelaku ekraf yang berada di zona merah Covid-19, seperti Jabodetabek.

Kelom Tasikmalaya adalah produk ekonomi kreatif bidang fashion.
Kelom Tasikmalaya adalah produk ekonomi kreatif bidang fashion. (Kemenparekraf.go.if)

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya dalam siaran pers menjelaskan, Kemenparekraf akan melakukan seleksi terbuka dalam program #BeliKreatifLokal.

Jabodetabek

Program ini bertujuan untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner, fashion, dan kriya di kawasan zona merah, agar mampu mendapatkan omzet penjualannya dengan optimasi promosi melalui platform e-commerce secara terintegrasi.

“Program ini merupakan penguatan usaha ekonomi kreatif di tengah pandemi. Dalam pelaksanaan program #BeliKreatifLokal, kami menjalin kerja sama dengan mitra dari platform marketplace dan transportasi, yakni Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blue Bird, Gojek, dan Grab,” kata Nia Niscaya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya memberikan tempat bagi 500 pelaku ekraf terpilih untuk memasarkan produknya di program ini secara cuma-cuma.

Syarat

Namun, lanjut Nia, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pelaku ekraf, antara lain lokasi usahanya harus berada di sekitar Jabodetabek, akun sosial media tidak boleh di mode private.

Selain itu, pengikut (followers) dari akun pendaftar program ini tidak lebih 10.000. Dan program ini khusus untuk pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner, fashion, dan kriya.

Toko kue dan roti Tegal masih membuat roti dengan resep lama, termasuk untuk roti nanas yang disantap Soe Hok Gie dan Kartini pada 11 Desember 1969.
Toko kue dan roti Tegal masih membuat roti dengan resep lama, termasuk untuk roti nanas yang disantap Soe Hok Gie dan Kartini pada 11 Desember 1969. (Warta Kota)

Gratis

Para pelaku ekraf bisa mendaftarkan secara gratis. Untuk itu harap menghubungi menghubungi nomor whatssap 081382376126 atau melalui email di belikreatiflokal@kemenparekraf.go.id, untuk informasi lebih lanjut.

Pendaftaran dilakukan secara terbuka dan gratis dari April hingga Mei 2020.

Dan masa aktivasi programnya akan berlangsung dari Juni hingga Desember 2020. (*)

Lakukan 6 Langkah Perawatan Wajah Ini Untuk Mengurangi Rasa Jenuh Diam di Rumah

Grand Indonesia Perpanjang Masa Penutupan Sementara Sampai 19 April 2020

Wabah Covid-19 Pangkas Pendapatan Industri Pariwisata di Tangerang Selatan

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved