Dampak wabah Covid 19

Kaum Nudis di Republik Ceska Ditegur Polisi Karena Berjemur Tanpa Masker

Sekelompok orang yang berjemur dengan telanjang bulat, mendapat teguran dari polisi karena tidak mengenakan masker.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/pardubickykraj
Kolam di Monastery Garden dengan empat patung perunggu karya Olbram Zoubek. Monastery Garden terletak di kota Litomysl yang masuk wilayah Pardubice, Republik Ceska. 

Sekelompok kaum nudis di Republik Ceska mendapat teguran dari polisi, karena tidak mengenakan masker saat sedang berjemur di pantai publik.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, peristiwa ini terjadi di kawasan wisata Lazne Bohdanec, yang terletak di wilayah Pardubice, Ceska pada akhir pekan lalu.

Polisi datang ke tempat itu setelah mendapat laporan bahwa ada sekelompok orang yang berjemur tanpa mengenakan sehelai benang pun, termasuk masker.

Polisi bukan mempermasalahkan kebugilan kelompok itu, karena memang tidak dilarang berjemur telanjang bulat di pantai sebuah telaga itu, melainkan soal mereka tidak mengenakan masker.

"Mereka boleh telanjang di tempat ini, karena tempatnya memang dibuat untuk kegiatan tersebut. Namun, mereka tetap harus mengenakan penutup mulut dan harus jaga jarak satu sama lain," kata juru bicara kepolisian setempat, Marketa Janovska.

Wajib masker

Rupanya ada dua hal penting yang menjadi perhatian polisi. Selain tak mengenakan masker, kelompok nudis ini berjemur secara kelompok.

Padahal,sesuai instruk Pemerintah Ceska, masyarakat harus mengenakan masker saat berada di luar rumah, dan dilarang berkerumun.

Pemerintah hanya mengizinkan maksimal dua orang dalam sebuah pertemuan.

Ceska memang sangat keras dalam memberlakukan dua aturan ini. Bahkan mereka termasuk negara Eropa pertama, bersama tetangga mereka Slovakia, yang memberlakukan aturan ini setelah wabah virus corona meluas keluar dari Tiongkok.

Perdana Menteri Andrej Babis mewajibkan semua orang di republik tersebut mengenakan penutup mulut, entah itu masker baik medis dan kain, atau selendang dan benda sejenisnya saat berada di kawasan publik. Pokoknya mulut dan hidung harus tertutup.

Aturan ini awalnya diwajibkan bagi penumpang kendaraan umum, namun kemudian meluas ke seluruh kawasan publik.

Swadaya masyarakat

Instruksi tersebut kemudian memunculkan inisiatif membuat masker kain sendiri di masyarakat Ceska.

Yang menarik, inisiatif itu muncul secara spontan tanpa diminta oleh Pemerintahnya. Hampir di setiap rumah di penjuru Ceska terdengar suara mesin jahit yang sedang bekerja membuat masker kain.

Tua dan muda bahu-membahu membuat masker, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam beberapa pekan terakhir, media sosial di negara tersebut diramaikan dengan koordinasi antarwarga untuk membagikan masker buatan mereka ke pihak yang membutuhkan.

Masker-masker buatan warga didistribusikan kepada petugas medis, para lansia, dan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar virus corona seperti polisi.

Kepolisian Ceska mendapat sumbangan masker dari warga negara tersebut. Semenjak  Pemerintah Ceska menginstruksikan penggunaan masker, masyarakat secara swadaya membuat masker sendiri. Hasil karya mereka lalu didistribusikan ke pihak-pihak yang membutuhkan.
Kepolisian Ceska mendapat sumbangan masker dari warga negara tersebut. Semenjak Pemerintah Ceska menginstruksikan penggunaan masker, masyarakat secara swadaya membuat masker sendiri. Hasil karya mereka lalu didistribusikan ke pihak-pihak yang membutuhkan. (Twitter/Policie CR)

Gerakan swadaya masyarakat ini dinilai cukup berhasil dalam mengatasi kelangkaan masker medis di Ceska.

Sampai kemarin, jumlah penderita Covid-19 di Ceska berjumlah 4.828 orang, dengan 127 pasien sembuh. Sementara jumlah pasien yang meninggal mencapai 80 orang.

Kasus perteama ditemukan pada 1 Maret 2020, dan pada 12 Maret PM Babis menyatakan negara dalam keadaan darurat.

Tinggal Sendirian di Belanda, Tjoet Merawat Dirinya Sendiri Saat Tertular Covid-19

Restoran di New York Ini Melawan Covid-19 dengan Kreativitas dan Jamuan Hari Kiamat

Tamu Tak Bisa Datang ke Restoran, Hotel Mulia Kirim Makanan ke Rumah

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved