Dampak Wabah Covid 19

WNI Berdatangan dari Luar Negeri

Banyak warga negara Indonesia yang bermukim di luar negeri memutuskan pulang, karena semkain banyak negara yang melakukan lockdown.

WNI Berdatangan dari Luar Negeri
Warta Kota/Andika Panduwinata
Para WNI yang baru tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta harus menjalani pemeriksaan kesehatan. 

Keputusan Pemerintah Republik Indonesia melarang warga negara asing (WNA) masuk sudah berlaku, mulai Kamis (2/4/2020) pukul 00.00 WIB.

Maka tak tampak warga asing di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (2/4).

WNI yang baru tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta harus menjalani pemeriksaan kesehatan.
WNI yang baru tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta harus menjalani pemeriksaan kesehatan. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Meski begitu, para petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP di bandara ini tetap sibuk sebab tetap banyak penumpang yang datang. Mereka adalah warga negara Indonesia (WNI) yang kembali dari luar negeri.

Sebagaimana diungkapkan Kepala  (KKP) Bandara Soekarno Hatta, Anas Maruf, mereka kebanjiran WNI yang berdatangan dari luar negeri. Bahkan angkanya berkisar 150 - 200 orang per harinya.

Menurut Anas, pihaknya menerjunkan tim medis beranggotakan 20 petugas, untuk memeriksa kesehatan WNI yang berdatangan dari luar negeri ini.

"Kami lakukan pengawasan super ketat," ujar Anas kepada Warta Kota.

Menurut dia, sistem pengawasan saat ini berbeda dari sebelumnya, yang hanya menggunakan pemeriksaan thermo scanner, thermo gun, hingga kartu kesehatan.

"Kami lakukan wawancara  terhadap WNI yang datang ini," ucapnya.

Berbagai pemeriksaan tambahan pun dilakukan setelah wawancara.

"Kami melakukan penyelidikan etimologi, mengecek suhu tubuh dan gejalanya langsung. Ada juga tes kapasitaspernapasan," kata Anas.

Anas menjelaskan, ratusan WNI yang pulang ini kebanyakan datang dari Amerika Serikat. Dan dari hari ke hari terus menerus berdatangan.

"Sampai tiga hari ini kami juga melakukan rapid tes, dan hasilnya belum mengarah ke sana (positif virus corona). Tapi mereka yang datang dari luar negeri ini langsung masuk daftar ODP Dinas Kesehatan setempat, tidak diizinkan keluar rumah dulu," tandas Anas. (Andika Panduwinata)

Indonesia Tutup Perbatasan, WNA Tak Boleh Masuk dan Transit

Air Asia Hentikan Sementara Operasi Mulai 1 April 2020, Seorang Penumpang Tidak Tahu

Gara-gara Pandemi Covid-19, Ussy Sulistyawaty Harus Tutup Restoran

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved