Dampak Covid19

Kini Masuk Thailand Harus Memiliki Asuransi yang Menanggung Biaya Pengobatan Covid-19

Thailand mengharuskan penumpang pesawat yang menuju negara itu melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 serta memiliki asuransi perjalanan.

Kini Masuk Thailand Harus Memiliki Asuransi yang Menanggung Biaya Pengobatan Covid-19
Warta Kota/AC Pingkan
Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand terlihat sepi pada awal Februari 2020. Industri penerbangan Thailand terkena dampak cukup besar dari wabah virus corona. 

Sudah benar kata Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, agar warga negara Indonesia jangan pelesir ke luar negeri dulu.

Pasalnya, di luar negeri kondisinya juga tidak lebih baik dari dalam negeri sendiri.

Ilustrasi: Seorang petugas di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) mengenakan masker pada awal Februari 2020.
Ilustrasi: Seorang petugas di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) mengenakan masker pada awal Februari 2020. (Warta Kota/AC Pingkan)

Ditambah lagi, beberapa negara sudah memberlakukan larangan masuk bagi pelancong, misalnya Arab Saudi, Rusia, Italia, Prancis, dan India.

Sementara, negara-negara jiran Indonesia di Asean juga memberlakukan aturan yang tidak mudah lagi bagi WNI untuk masuk ke sana.

Misalnya saja Malaysia, yang menyatakan untuk sementara ini tak menerima pelancong asing masuk ke negaranya.

Asuransi perjalanan

Sementara Thailand, seperti dilansir Bangkok Post, mengharuskan penumpang pesawat yang menuju Thailand melampirkan surat keterangan tak mengidap Covid-19, serta memiliki asuransi perjalanan yang menanggung biaya pengobatan Covid-19 sampai 100.000 dolar AS.

Jika penumpang tak bisa menunjukkan dokumen yang dimaksud, dia dilarang naik ke pesawat.

Meskipun disebutkan di artikel itu, persyaratan tersebut wajib bagi penumpang dari 15 negara tak termasuk Indonesia, namun bisa saja petugas di konter check in akan meminta dua dokumen tersebut tanpa pandang bulu.

Selain itu, penumpang yang memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok, Italia, Iran, Korea Selatan, Hongkong, dan Macau otomatis harus menjalani masa karantina selama 14 hari begitu tiba di Thailand.

Apa yang dilakukan Thailand itu tak berbeda dengan kebijakan Indonesia dalam menerima pelancong asing.

Pemerintah RI mengharuskan semua orang yang akan masuk wilayah Indonesia memiliki visa yang diperoleh dari kantor perwakilan diplomatik Indonesia di negaranya.

Untuk memperoleh visa tersebut, salah satu persyaratannya adalah surat bebas Covid-19 dari otoritas kesehatan resmi di negara tersebut.

Karena itu, sebaiknya lupakan dulu bepergian dalam situasi seperti ini. Bahkan ada imbauan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, agar warga Jakarta tak meninggalkan Ibu Kota untuk sementara waktu.

Semua itu demi kesehatan bersama masyarakat Jakarta, Indonesia, dan dunia.

Eropa Sedang Wabah Covid-19, Krisdayantyi Malah Liburan ke Swiss

Sekarang Ada Pengaturan Jarak Antarmanusia di Stasiun KA

Lion Air Batalkan Penerbangan ke Malaysia

Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved