Isi Masa Isolasi Mandiri dengan Menonton Pertunjukan Opera Gratis

The Metropolitan Opera akan menayangkan koleksi pertunjukan mereka selama seminggu penuh pada pekan ini, secara live streaming.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Metopera.org
Opera Carmen karya George Bizet akan ditayangkan secara streaming oleh The Metropolitan Opera, untuk menghibur masyarakat yang menjalani isolasi mandiri. 

Masyarakat diimbau untuk menjauhi keramaian dan kerumunan orang, serta diminta bekerja dan belajar dari rumah selama 14 hari.

Itulah upaya Pemerintah mengendalikan penularan virus corona di tengah masyarakat.

Ilustrasi virus corona.
Ilustrasi virus corona. (Istimewa)

Melakukan isolasi mandiri merupakan sesuatu yang baru bagi banyak orang, sehingga tak sedikit yang pesimis bisa melakukannya.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah, "mau apa di rumah selama itu?"

Mungkin menonton pertunjukan opera bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan selama melakukan isolasi ini.

Bayar utang

Tawaran ini bukan bercanda, sebab The Metropolitan Opera akan menayangkan koleksi pertunjukan mereka selama seminggu penuh pada pekan ini, secara live streaming gratis.

Program yang dimulai pada 16 Maret sampai 22 Maret 2020 itu adalah upaya Metropolitan Opera "membayar utang" kepada masyarakat.

Gedung pertujukan di New York, Amerika Serikat itu terpaksa membatalkan beberapa pertunjukan sampai tanggal 31 Maret 2020, akibat wabah Covid 19.

"Sehari setelah membatalkan pertunjukan yang akan datang karena kekhawatiran akan penularan virus corona, Metropolitan Opera akan menayangkan secara langsung pertunjukan-pertunjukan yang telal memenangi banyak penghargaan," begitu bunyi pengumuman di laman Metropolitan Opera.

Sama seperti di Indonesia, di Amerika Serikat (AS) sana sedang gencar imbauan social distancing, alias menahan diri untuk kumpul-kumpul atau pergi ke tempat keramaian.

Warga diminta melakukan isolasi mandiri, alias tetap tinggal di rumah.

Gedung pertunjukan adalah salah satu tempat keramaian, di mana sekelompok besar orang berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan.

Karena itulah The Metropolitan Opera, yang biasa disebut Met, membatalkan pertunjukan yang sudah dijadwalkan selama dua pekan ini.

Sebagai gantinya mereka akan menayangkan tujuh pertunjukan secara live streaming di situs mereka, metopera.org.

Program yang mereka beri judul "Nightly Met Opera Streams" itu akan dimulai pada pukul 19.30 waktu New York, atau pukul 06.30 WIB di tanggal berikutnya.

"Kami menawarkan pertunjukan opera terbaik kepada para pencinta opera, di masa yang sulit ini. Setiap malam kami akan pertunjukan yang komplet, dari koleksi berharga kami selama 14 tahun terakhir," kata Peter Gelb, General Manager Met.

Jadwal

Pertunjukan pertama, yang berlangsung Senin (16/3) waktu New York atau Selasa (17/3) WIB, adalah Carmen karya George Bizet.

Elīna Garanča and Roberto Alagna adalah bintang utamanya, dan orkes dipimpin oleh Yannick Nézet-Séguin.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved