Wisata Jakarta

Di Walkot Farm 4.0 Bisa Belajar Pertanian Hidroponik Lho

Kehadiran pertanian hidroponik di Walkot Farm 4.0 akan menginspirasi warga, kemudian mencontoh dan menerapkan di lahan rumah masing-masing

Di Walkot Farm 4.0 Bisa Belajar Pertanian Hidroponik Lho
Warta Kota/Desy Selviany
Tanaman Hidroponik di Taman Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat, Jumat (13/3/2020) 

Taman Walkot Farm 4.0 bukan sekadar taman kota, melainkan taman interaktif. Artinya taman itu juga berfungsi sebagai tempat belajar warga.

Salah satunya adalah belajar pertanian kota, dalam wujud pertanian hidroponik.

Tanaman hidroponik ditanam dalam pipa-pipa paralon yang dibentuk seperti instalasi seni.

Setidaknya ada 11 jenis tanaman sayuran yang ditanam secara hidroponik, di taman yang diresmikan pada Jumat (13/3/2020) ini.

Totalnya ada 861 tanaman hidroponik di lahan berukuran 3x5 meter. Misalnya saja sayuran pokcoy, kangkung, dan caisim yang ditanam tanpa menggunakan media tanah.

Tanaman-tanaman itu disebut tidak perlu disiram setiap hari, lantaran pipa yang menjadi pot tanaman sudah dirancang untuk terus mengalirkan air ke tanaman tersebut.

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan sengaja memilih Konsep Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat, untuk menindaklanjuti Intruksi Gubernur DKI Jakarta Nomo 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan.

Harapannya, kehadiran pertanian hidroponik di Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat akan membuat warga terinspirasi, kemudian mencontoh dan menerapkan di lahan rumahnya.

"Jadi tanaman hidroponik yang kami tanam itu bukan hanya sekadar hasil sayurannya saja, melainkan dapat merangsang masyarakat untuk menciptakan hal sama di rumahnya," ujar Rustam usai acara peresmian.

Diberitakan sebelumnya Taman Wali Kota Farm 4.0 diresmikan pada Jumat (13/3/2020), dengan tujuan membuat wajah Kantor Wali Kota Jakarta Barat lebih terbuka untuk warga Jakarta Barat. (Desy Selviany)

Wali Kota Farm 4.0 Tempat Wisata Murah Meriah Baru di Jakarta Barat

Indofest 2020 Sudah Dibuka, Waktunya Para Penggiat Alam Bebas Belanja

Lima Pesona Kekuatan Perempuan Dalam Koleksi Debut AISAA

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved