Tidak Benar Kerajaan Arab Saudi Larang Umrah Sepanjang Tahun 2020

Tak usah khawatir, informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar.

Tidak Benar Kerajaan Arab Saudi Larang Umrah Sepanjang Tahun 2020
TRIBUNNEWS/ADI SUHENDI
Jemaah melakukan shalat sunnah di Masjid Bir Ali, Madinah, Selasa (25/8/2015). Masjid tempat Rasulullah SAW singgah sebelum melaksanakan Haji atau Umrah ke Mekkah tersebut kini dijadikan tempat singgah oleh jamaah Haji untuk mandi, shalat sunnat ihram dan mengambil niat ihram. 

Pada hari ini, Kamis (5/3), beredar kabar secara online bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menangguhkan pelaksanaan umrah sepanjang 2020.

Untungnya kabar tersebut tidak benar, setelah pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah membantah kabar yang beredar tersebut.

Dalam keterangnya, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali menegaskan bahwa pihaknya belum menerima informasi resmi terkait hal itu dari Pemerintah Arab Saudi.

Namun Endang langsung proaktif dengan berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Kerajaan Saudi, Abdurrahman Al Segaf, yang memastikan bahwa berita tersebut tidak benar.

"KUH (Kantor Urusan Haji) KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar," ujar Endang melalui pesan singkat yangdilansir laman Kemenag.co.di, Kamis (05/03).

"Demikian juga terkait pelaksanaan haji tahun ini, persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KUH KJRI Jeddah, Amin Handoyo. Dia mengaku sudah melakuakan konfirmasi ke call center Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di nomor 00966920002814. 

"Saya konfirmasi ke call center dan ada penjelasan bahwa berita penundaan 1 tahun itu tidak benar," katanya.

"Pengumuman yang benar adalah bahwa penangguhan itu bersifat sementara sampai batas yang akan diumumkan kemudian. Untuk perkembangannya bisa dipantau melalui twitter Kementerian Haji dan Umrah," ucapnya.

Tutup pintu

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved