Wabah Virus Corona

Delta Airlines Kini Mengelap Semua Permukaan di Kabin Pesawat dengan Desinfektan

Gara-gara virus corona, prosedur membersihkan pesawat berubah menjadi lebih rumit.

Delta Airlines Kini Mengelap Semua Permukaan di Kabin Pesawat dengan Desinfektan
Instagram/delta
Ilustrasi pesawat Delta Airlines. 

Kecepatan penularan virus corona memang sangat cepat, sehingga jumlah penderita Covid-19 (corona viruses disease) sangat besar.

Salah satu penyebabnya adalah, virus yang memiliki nama resmi SARS-COV-2 itu bisa bertahan hidup selama beberapa hari di permukaan benda, seperti meja, gagang pintu, pegangan di kendaraan umum, dan lain sebagainya.

Padahal benda-benda itu bisa dibilang yang paling sering dipegang orang, sehingga tak mengherankan transmisi virus terjadi cepat.

Karena itu, sejak wabah Covid-19 semakin meluas, tindakan menyemprotkan cairan pembunuh kuman (disinfectant) menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan oleh maskapai penerbangan.

Sebelum pesawat mendarat, awak kabin akan menyemprotkan desinfektan ke kabin sambil berjalan. Para penumpang diharap maklum demi kemaslahatan bersama.

Tugas tambahan

Ternyata bukan hanya itu yang dilakukan maskapai penerbangan. Sebagaimana diungkapkan pihak Delta Airlines dalam siaran pers, dan dikutip situs Travel & Leisure (T&L), ada kerjaan tambahan bagi awak kebersihan.

"Untuk pesawat-pesawat rute trans-Atlantik dan trans-Pasifik, kru kebersihan harus melakukan semua 19 tugas kebersihan kabin. Termasuk mengelap semua permukaan di kabin, dan tempat-tempat yang kontak dengan tubuh penumpang seperti kursi, sandaran kursi, kantong kursi, meja, dan lantai," bunyi siaran pers Delta Airlines.

Mereka juga menulis bahwa tindakan yang sama juga dilakukan untuk semua permukaan di area dapur pesawat dan toilet.

"Kami menggunakan cairan desinfektan kualitas tinggi, yang diperbolehkan oleh EPA (Environmental Protection Agency), dan melakukannya sesuai dengan prosedur kebersihan pesawat," tulis pihak Delta.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved