Wabah virus corona

Inilah Alasan Manusia Harus Sering Cuci Tangan

Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun. Diharuskan sabun tersebut memiliki kandungan agen antiseptik.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/whophilippines
Mencuci tangan dinyatakan WHO lebih efektif dalam mencegah kuman masuk ke tubuh manusia. 

Para dokter dan pakar kesehatan di seluruh dunia sepakat bahwa mencuci tangan lebih efektif daripada mengenakan masker, dalam mencegah individu tertular bibit penyakit.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Doktet Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih mengatakan, mencuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan aktivitas, dapat mencegah masuknya kuman ke tubuh.

Mencuci tangan mengunakan sabun, katanya, merupakan langkah yang cukup efektif untuk mencegah dan mengurangi risiko penularan penyakit. Salah satunya virus corona yang tengah mengguncang dunia.

"Secara spesifik belum ada penelitian untuk virus corona, tapi untuk virus lain (cuci tangan) sangat efektif. Misalnya untuk kuman yang menyebabkan diare. WHO dan Kemenkes sangat spesifik mendorong hal itu," kata Daeng di Kantor Sekretariat PB IDI, Jumat (31/1/2020).

Sarang kuman

Menurut dia, tangan merupakan tempat bersarangnya berbagai kuman dan virus, sebab memegang segala benda.

Untuk itu masyarakat harus waspada, dan menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan.

"Kenapa harus cuci tangan? Karena tangan ketika memegang apapun pasti banyak kuman menempel di tangan. Terkadang kita mengelap mata, mata itu mokosa. Jika itu tersentuh bisa tertular," katanya.

Apalagi dengan adanya virus corona pada saat ini, tentu harus ada kewaspadaan dini meski virus tersebut belum ada di Indonesia.

Menurut informasi yang diterima Daeng, penyebaran virus itu tak lagi dari hewan ke manusia, melainkan manusia ke manusia.

Daeng menyebutkan, pneumonia pada virus corona mirip dengan pneumonia pada umumnya, namun karena virus tersebut tergolong baru sehingga belum memiliki vaksin yang dapat mencegahnya.

Maka, IDI perlu mendorong masyarakat agar menerapkan cara hidup sehat.

"Mencegah penularan antara lain menghindari kontak dengan penderita infeksi pernafasan, menghindari kontak dengan hewan liar, menjaga kebersihan tangan, serta mempraktikkan etika batuk dan bersin," ujarnya.

Antiseptik

Daeng merekomendasikan untuk dapat menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun. Diharuskan sabun tersebut memiliki kandungan agen antiseptik.

Jika situasi menyebabkan tidak bisa mencuci tangan, masih ada alternatif, seperti menggunakan hand sanitizer.

"Sabun yang memiliki fungsi membunuh kuman di tangan garus memiliki agen antiseptik. Kalau hanya sabun parfum wangi dan tidak membunuh kuman di tangan, sama saja bohong," tandas Daeng. (Joko Supriyanto)

 

Jangan Asal Cuci Tangan Untuk Cegah Tertular Virus Corona

Pakai Masker Atau Sering Cuci Tangan Selama Penerbangan?

8 Cara Mengurangi Risiko Terjangkit Virus Corona

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved