Wabah virus corona

Kunjungan Jepang Merosot Gara-gara Wabah Virus Corona

industri pariwisata Jepang terancam mengalami penurunan pendapatan, setelah 20.000 wisatawan asal Tiongkok dikabarkan batal berlibur.

Kunjungan Jepang Merosot Gara-gara Wabah Virus Corona
Instagram/jntoid
Suasana salah satu lorong di Ikebukuro, Tokyo, Jepang. 

Wabah virus corona yang sedang merebak di Wuhan, Tiongkok, ternyata tidak hanya melesukan negara naga Asia itu.

Tetangganya, Jepang, juga turut terdampak dengan wabah yang sudah mengambil 106 nyawa tersebut, meski pun bukan dalam hal jumlah orang yang terjangkiti penyakit mematiakn tersebut.

Sebagaimana diwartakan CNN, industri pariwisata Jepang terancam mengalami penurunan pendapatan, setelah 20.000 wisatawan asal Tiongkok dikabarkan batal berlibur ke negara Matahari terbit itu.

Padahal mereka dijadwalkan datang dari akhir pekan kemarin sampai tanggal 10 Februari nanti, untuk mengisi masa liburan musim semi.

Pada Minggu (26/1) Pemerintah Tiongkok mengumumkan larangan bagi warganya untuk bepergian ke luar negeri, demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas.

Pada hari Minggu itu jumlah korban tewas sebanyak 82 orang, dan pada hari Senin (27/1) sudah bertambah menjadi 106 orang, sehingga rasanya belum ada tanda-tanda masalah virus berkode nCoV ini akan berakhir dalam waktu cepat.

Tiongkok menyumbangkan pendapatan cukup besar bagi industri pariwisata Jepang. Menurut CNN, tahun 2019 kemarin tercatat 9,6 juta turis Tiongkok berkunjung ke Jepang.

Angka itu merupakan sepertiga dari seluruh jumlah wisatawan asing yang pelesir ke Jepang. Maka tak mengherankan jika dunia usaha Jepang turut ketar-ketir dengan kasus virus corona ini.

"Kami prihati dengan menurunnya wisatawan Tiongkok. Dan kami tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan. karena ini sangat etrgantung dengan kebijakan Beijing," kata Shiho Himuro, juru bicara Organisasi Nasional Wisatawan Jepang (JNTO) kepada CNN.

Situasi seperti ini bukan yang kali pertama dialami oleh Jepang, mengingat tahun 2003 mereka juga terdampak akibat merebaknya wabah SARS, yang pertama kali muncul di Tiongkok Selatan.

Ketika itu banyak kedatangan dibatalkan, namun perlahan-lahan situasi kembali normal.

Gara-gara Ajak Anak ke Disneyland Hongkong, Andien Aisyah Dicerca Warganet. Namun Dia Cuek

8 Cara Mengurangi Risiko Terjangkit Virus Corona

Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved