Wisata Tangerang

Pengunjung Datang ke Kampung Tematik Untuk Berfoto

Kampung Bekelir adalah kampung tematik di Kota Tangerang yang menjadi favorit pelancong, karena memiliki spot foto yang menarik.

Pengunjung Datang ke Kampung Tematik Untuk Berfoto
Instagram/tangerangkota
Kampung Bekelir di Kota Tangerang. 

Spot foto yang unik dan menarik menjadi kunci dalam pembuatan kampung tematik. Itulah hasil survei yang dilakukan Bappeda Kota Tangerang.

Membuat kampung tematik sempat menjadi favorit pemerinta daerah di Indonesia, dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerahnya.

Maka tak mengherankan jika dalam kurun waktu lima tahun terakhir, banyak bermunculan kampung-kampung tematik di seluruh wilayah Indonesia.

Asep Ferry Bastian, dosen Universitas Islam Syech Yusuf (UNIS) Tangerang.
Asep Ferry Bastian, dosen Universitas Islam Syech Yusuf (UNIS) Tangerang. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Hanya saja, apakah strategi ini sungguh berhasil dalam meningkat jumlah wisatawan? Inilah yang ingin diketahui oleh Bappeda Kota Tangerang, sehingga mereka bekerja sama dengan dosen Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, Asep Ferry Bastian.

Hasil penelitian yang dilakukan Asep ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan kampung tematik di wilayah Kota Tangerang, sehingga tujuan pendirian destinasi wisata itu tercapai dengan optimal.

Tujuan riset

Dia menjelaskan, riset bertujuan mengetahui karakteristik demografi pengunjung kampung tematik.

Kemudian untuk mengetahui pengenalan, penggunaan, dan perilaku wisatawan. Serta mengetahui faktor pendorong kunjungan wisatawan dan perilaku wisatawan di kampung tematik.

"Penelitian dilakukan kepada pengunjung di 15 kampung tematik, survei dengan teknik non-probability sampling dengan pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dan kuesioner," ujar pria yang sedang menyelesaikan S3 (PhD) keduanya di UTeM (Universiti Teknikal Malaysia Melaka) kepada Warta Kota, Jumat (24/1/2020).

Asal pengunjung

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved