Toko Kopi di Jakarta

Toko Kopi Luwak di Gondangdia, Lawas Tapi Baru

Ada rasa kepo (ingin tahu) dan tantangan untuk meracik minuman kopi sendiri, yang paling pas di lidah, bikin puas, dan yang pasti bangga.

Toko Kopi Luwak di Gondangdia, Lawas Tapi Baru
Warta Kota/Janlika Putri
Jenis kopi dan harganya yang dijual oleh toko kopi Luwak di Pasar Gondangdia 

Mau minum kopi zaman sekarang memang semakin mudah, dan banyak pilihan.

Mau yang murah meriah ya beli kopi sachet, tinggal seduh dan kita sudah mendapat kopi yang rasanya enak, karena takaran kopi, gula, dan susu sudah pas.

Biji kopi di Toko Kopi Luwak Pasar Gondangdia.
Biji kopi di Toko Kopi Luwak Pasar Gondangdia. (Warta Kota/Janlika Putri)

Mau yang rasanya unik, saat ini banyak kedai kopi yang menawarkan pengalaman ngopi yang berbeda. Tinggal pilih kedai lokal atau internasional.

Namun pencinta kopi pasti tidak puas sekadar ngopi yang begitu-begitu saja. Ada rasa kepo (ingin tahu) dan tantangan untuk meracik minuman kopi sendiri, yang paling pas di lidah, bikin puas, dan yang pasti bangga.

Karena itulah kedai kopi giling di pasar kembali eksis. Hal inilah yang dialami oleh salah satu kedai di Pasar Gondangdia.

Toko kopi ini sekarang bernama "Luwak". Dulu, waktu Pasar Gondangdia masih bernama Pasar Boplo, toko ini bernama "Burung Kenari".

Si "Burung Kenari" terlindas oleh booming kopi bubuk produksi perusahaan besar, yang harganya memang lebih murah.

Toko kopi ini sekarang sudah buka lagi, dan dikelola Lunardi Valanchie. Dus, dia adalah pemiliknya, dan mengganti nama tokonya menjadi "Luwak"

Toko ini eksis sejak tahun 1930, ketika ayah Lunardi merintis usaha dagang kopi keluarga mereka. Otomatis, Lunardi, yang bernama asli Xi Yi Lun, adalah generasi kedua.

Lunardi Valanchie atau Xi Yi Lun, pemilik toko kopi Luwak
Lunardi Valanchie atau Xi Yi Lun, pemilik toko kopi Luwak (Warta Kota/Janlika Putri)

Hari itu saya berkesempatan untuk melihat langsung toko kopi gilingannya. Tak sampai dua menit berjalan dari Stasiun Gondangdia, saya sudah sampai di depan tokonya yang berada di bagian depan Pasar Gondangdia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Janlika Putri
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved