Wabah Virus

8 Cara Mengurangi Risiko Terjangkit Virus Corona

Kemenkes dan Kemlu memberikan imbauan kepada WNI yang berada di kota Wuhan, atau berencana akan ke Wuhan.

8 Cara Mengurangi Risiko Terjangkit Virus Corona
Warta Kota/Andika Panduwinata
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta sedang memeriksa suhu seorang penumpang yang baru datang dari Tiongkok. 

Wabah virus corona yang sedang berjangkit di Wuhan, Tiongkok membuat banyak orang ketar-ketir.

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, sebab sampai Selasa (21/1) sudah 9 orang meninggal dunia akibat virus ini, dan 400 lainnya dirawat di rumah sakit.

Ditambah lagi, wabah ini berjangkit menjelang perayaan Tahun Baru Cina, masa di mana puluhan juta orang di Tiongkok melakukan perjalanan untuk mudik, atau pergi berlibur.

Mengingat Organisasi Kesehatan PBB (WHO) mengumumkan bahwa virus ini bisa menular antarmanusia, maka muncul ketakutan virus corona, yang memiliki nama lain nCoV, ini akan menjadi wabah seperti kasus flu burung (H5N1).

Menurut data yang dilansir WHO pada November 2019, flu burung menyebabkan 455 orang tewas di seluruh dunia, dalam kurun waktu 2003-2019.

Di Indonesia sendiri, menurut data itu, 168 orang tewas akibat flu burung dalam kurun waktu 16 tahun tersebut. Ih seram sekali.

Tindakan pencegahan

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah punya rencana bepergian ke luar negeri dalam waktu dekat, agar tidak tertular virus nCoV ini?

Sampai saat ini, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia tidak melarang warga negara Indonesia (WNI) bepergian ke Tiongkok.

Namun, dua kementerian itu memberikan imbauan kepada WNI yang berada di kota Wuhan, atau berencana akan ke Wuhan, sebagaimana tercantum di laman resmi Kemlu, agar mewaspadai perubahan kondisi kesehatannya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved