Menyambut Imlek

Amplop Gambar Tikus Imut Paling Laku di Pasar Glodok

Amplop angpao adalah benda yang paling laku. Sehari dia bisa menjual enam puluh kemasan isi enam.

Warta Kota/Janlika Putri
Tikus tampil lucu dan imut di pernak-pernik Imlek tahun 2020. 

Hewan tikus biasanya dibenci banyak orang, karena dianggap jorok dan sumber penyakit.

Maklum, hewan pengerat ini biasa berkeliaran di got dan tempat sampah yang kotor.

Pernak-pernik bergambar dan berbentuk tikis mendominasi pernak-pernik Imlek tahun 2020 di Glodok.
Pernak-pernik bergambar dan berbentuk tikis mendominasi pernak-pernik Imlek tahun 2020 di Glodok. (Warta Kota/Janlika Putri)

Hanya saja, dalam beberapa pekan terakhir, tikus sedang menjadi primadona di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Banyak orang datang ke wilayah Pecinannya Jakarta itu, dan belanja tikus.

Tentu saja bukan tikus sungguhan, melainkan amplop-amplop bergambar tikus yang lucu dan imut. Amplop itu akan diisi uang dan dibagikan ke kerabat yang masih muda.

Ya, tikus-tikus itu hiasan angpao'>amplop angpao di Tahun Baru Tikus Logam 2571.

Setiap tahun kawasan Glodok di Jakarta Barat selalu diserbu pengunjung, yang ingin mencari pernak-pernik untuk Hari Raya Imlek.

Fenomena tahunan ini disyukuri oleh Marsono, salah satu pedagang kaki lima yang menjual aksesoris khas Imlek di Pasar Glodok.

"Ramai banget. Pengujung Glodok meningkatkan setiap mau Imlek," katanya.

Udin, pedagang perlengkapan Imlek yang ada di samping lapak Marsono mengatakan hal yang senada. Suasana Pasar Glodok biasanya sepi.

"Ramainya pas momen Imlek satu bulan ini saja. Sesudah ini selesai ya balik lagi sepi kaya biasa," katanya sambil tertawa.

Udin, penjual pernak pernik Imlek di Pasar Glodok.
Udin, penjual pernak pernik Imlek di Pasar Glodok. (Warta Kota/Janlika Putri)

Keduanya membuka lapak pernak-pernik Imlek di Jalan Pancoran. Selain mereka ada banyak pedagang lain yang berjualan benda-benda serupa di jalan tersebut.

Barang yang dijajakan pun bermacam-macam, mulai dari angpao'>amplop angpao, hiasan dinding, hingga lampion. Semuanya didominasi warna merah khas Imlek.

Mereka membuat lapak semi permanen itu selama sebulan, dari 25 Desember 2019 sampai nanti 24 Januari 2020. Setiap harinya berjualan dari pukul 07.00 pagi hingga 22.00 malam.

Marsono mengatakan bahwa angpao'>amplop angpao adalah barang yang banyak dicari setiap tahun. Selain karena harganya paling murah, kini amplop itu lebih beraneka ragam.

"Amplop paling banyak dicari. Sekarang modelnya ada banyak dan menarik, mulai dari yang harganya Rp 5.000 isi selusin tapi modelnya biasa. Ada juga yang Rp 10.000 isi enam tapig modelnya bagusan. Beda-beda sih," kata Marsono.

Sementara Udin mengatakan bahwa amplop adalah benda yang paling laku. Sehari dia bisa menjual enam puluh kemasan isi enam.

Sementara untuk benda aksesoris, katanya mayoritas pengunjung masih menyimpan aksesoris dari tahun lalu sehingga selektif dalam memilih pernak pernik baru.

"Amplop yang paling laku. Kan banyak yang gambar tikus tuh kaya shio tahun ini. Kalo pernak pernik yang lain paling beberapa doang. Paling yang enggak ada di rumah aja, bekas acara mereka tahun lalu. Mayoritas masyarakat belinya yang beda, yang ada gambar tikus laku" tandasnya.

Amplop angpao dengan gambar tikus.
Amplop angpao dengan gambar tikus. (Warta Kota/Janlika Putri)

Salah satu pengunjung, bernama Iwan Setiawan (39), datang bersama istri untuk mencari kue kering dan beberapa pernak pernik.

Dia mengatakan bahwa beberapa pernak pernik sudah dia beli sebagian di toko daring (online shop) karena lebih murah.

" Sekarang mau cari kue-kue kering doang. Lampion sudah beli di online shop, habis sekarang pada mahal banget ya di sini. Tapi ini juga mau tanya yang lainnya juga sih, yang temanya tikus. Kalau lebih murah ya beli di sini. Kaya ini amplop kan lebih murah jadi beli langsung deh" Katanya.

Sampai tanggal 24 Januari 2019 nanti, kawasan Glodok akan terlihat meriah dan semarak dengan segala pernak-pernik Imlek. Pastinya akan menjadi obyek foto yang bagus sekali. (M25)

Wisata Jalan Kaki Pecinan Jatinegara 2: Bakmie Jackie Langganan Pengunjung Pasar Jatinegara

Liburan ke Ancol Akhir Pekan Ini, Siapa Tahu Dapat Angpao

Wisata Jalan Kaki Pecinan Jatinegara 1: Klenteng di Gang Sempit Jatinegara

Ikuti kami di
Penulis: Janlika Putri
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved