Ibadah Natal

Sedang Renovasi, Masjid Istiqlal Tak Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja Katedral Saat Natal

Masjid Istiqlal dipastikan tidak bisa menyediakan lahan parkir untuk jemaat Gereja Katedral, dalam Perayaan Natal pada 24-25 Desember 2019.

Sedang Renovasi, Masjid Istiqlal Tak Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja Katedral Saat Natal
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES
Lanskap Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (28/7/2014). 

Masjid Istiqlal dipastikan tidak bisa  menyediakan lahan parkir untuk jemaat Gereja Katedral, dalam Perayaan Natal pada 24-25 Desember 2019.

Alasannya, masjid yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Kelurahan Pasarbaru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat itu tengah direnovasi.

Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan, kondisi masjid saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

“Tahun ini Masjid Istiqlal sedang direnovasi, jadi saudara-saudara kita dari Katolik yang ingin ibadah itu nggak bisa parkir kendaraan di halaman masjid,” kata Abu saat dihubungi wartawan pada Kamis (19/12/2019).

Abu mengatakan, persoalan ini sudah diberitahukan kepada pengurus Gereja Katedral saat peringatan Hari Sumpah  Pemuda beberapa waktu lalu. Ketika itu, pengelola masjid dan gereja menjadi panitia acara dalam peringatan Sumpah Pemuda.

“Kendaraan nggak bisa masuk ke dalam, paling di pinggir-pinggir jalan. Tapi itu kapasitasnya juga terbatas,” kata Abu Hurairah lagi.

“Mungkin lahannya sudah penuh dengan kendaraan proyek kami, makanya lahan jadi terbatas. Di sisi lain takut mengganggu orang (pengendara) lewat,” tambahnya.

Meski tidak bisa memberikan lahan parkir, namun Abu memastikan bantuan kepada gereja tetap diberikan. Pengelola masjid menyediakan toilet bagi jemaat yang ingin buang air besar maupun kecil.

“Perayaan Natal itu kan ada beberapa kali kebaktian, yang datang duluan mungkin mau istirahat bisa di masjid sambil nunggu jadwal kebaktiannya. InsyaAllah tahun depan sudah kembali normal, mereka bisa memakai lahan parkir di masjid,” tandas Abu. (Fajar Al Fajri)

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved