Libur Natal dan Tahun Baru

Dua Pohon Natal Besar Meriahkan Hari Natal di Jakarta

Pohon natal Nuansa Nusantara, yang etrbuat dari plastik bekas botol air minum dan kain perca, akan memeriahkan Hari Raya Natal di DKI Jakarta.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/dkijakarta
Christmas Carol di Bundaran HI 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun dua pohon natal raksasa untuk menyambut Hari Raya Natal 2019. 

Kedua pohon itu memiliki tinggi 10 meter, didirikan di bekas lahan parkir Thamrin 10 dan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta, Hendra Hidayat, mengatakan, pembangunan pohon Natal ini mulai dilaksanakan pada Rabu (18/12/2019) siang. 

Materialnya, katanya, didapat dari daur ulang botol dan kain perca oleh pelajar SD Tarakanita seluruh Jakarta, dan jemaat gereja Keuskupan Agung  Jakarta.

“Tema yang diangkat dalam pohon natal ini adalah Nuansa Nusantara,” kata Hendra di kantornya pada Rabu (18/12/2019).

Dia menambahkan, pohon natal ini dibangun untuk memeriahkan perayaan hari besar bagi umat Kristiani. 

Selain itu, pembangunan pohon ini sebagai wujud kesetaraan perlakukan Pemprov DKI kepada semua umat beragama di wilayah Jakarta.

“Pemprov DKI berusaha setara terhadap perayaan semua umat beragama. Sebelumnya sudah diramaikan Idul Fitri dan Idul Adha, kemudian Maulid Nabi, sekarang kesempatan Natal,” ujarnya.

“Nanti kami juga akan mengadakan Festival Ogoh-Ogoh untuk umat Hindu, karena sudah masuk (pengajuan) dari mereka,” tambah Hendra.

Christmas Carol

Selain memasang pohon Natal, Pemprov DKI juga akan menampilkan paduan suara mahasiswa, yang akan menyajikan Christmas Carol. 

Mereka akan manggung di 11 titik, di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin dan stasiun MRT pada 18-20 Desember 2019, mulai pukul 17.00 – 19.00.

Kesebelas titik tersebut adalah di depan Grand Hyatt, Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, Depan Sampoerna, Depan FX Senayan, di depan Mayapada (mulai Jumat), di depan Panin (mulai Jumat), Stasiun MRT Bundaran HI, Stasiun MRT Istora, Stasiun MRT Blok M, Stasiun MRT Cipete Raya.

“Paduan suara mahasiswa yang membawakan alunan musik bernuansa Natal ini bukan hanya dari Jakarta, melainkan juga dari Tangerang dan Bandung, seperti UKUiki, Bluenotes Band, Enjoyable Choir, Mission Youth for Christ Choir (UPH), dan PSM UNPAR,” kata Hendra.

Acara perayaan Natal 2019 ini, imbuhnya, terwujud berkat kolaborasi pemerintah daerah dengan komunitas dan warga Jakarta. 

Harapannya perayaan Natal tetap meriah, seperti halnya perayaan di sudut jalan negara di Eropa.

Poster Christmas in Jakarta
Poster Christmas in Jakarta (Instagram/disparbuddki)

Perayaan ini juga sebagai tanda Jakarta berkeadilan bagi semua umat beragama, mengingat sejumlah perayaan keagamaan telah digelar sebelumnya. Contohnya Jakarta Muharram Festival 2019 yang diadakan bagi umat Islam dan Festival Cahaya (Deepavali) 2019/5121 Kaliyuga bagi umat Hindu – India.

“Pesan yang ingin kami tekankan adalah, Jakarta milik semua. Kami ingin menciptakan kebersamaan dan persaudaraan di Jakarta,” katanya. (Fajar Al Fajri)

Yuk Membuat Fish Puff Pastry Sendiri di Rumah Untuk Sajian Natal dan Tahun Baru

Bila ke Jakarta, Jangan Lupa Selfie di depan Bersama Pohon Natal Setinggi 38 Meter di Mal Ini

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved