Pemprov DKI Jakarta Batalkan Adikarya Wisata Colosseum Club

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan penghargaan Adikarya Wisata kepada diskotek Colosseum Club.

Pemprov DKI Jakarta Batalkan Adikarya Wisata Colosseum Club
Warta Kota/Adhy Kelana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan penghargaan Adikarya Wisata kepada diskotek Colosseum Club.

Diskotek yang berlokasi di Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat itu menerima penghargaan tersebut pada 6 Desember 2019, dalam acara  di Hotel JW Marriott.

Pembatalan penghargaan itu berdasarkan surat teguran dari Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, kepada Pemprov DKI Jakarta untuk meninjau ulang penghargaan tersebut.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, penghargaan itu dicabut berdasarkan pertimbangan surat teguran tersebut.

Dalam laporan yang dikeluarkan pada 10 Oktober 2019 lalu, disebutkan bahwa Colosseum Club menjadi salah satu diskotek yang mendapat perhatian khusus terkait narkotika.

“Berdasarkan surat Kepala BNNP DKI Jakarta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tanggal 10 Oktober 2019 lalu, menyampaikan hasil kegiatan BNNP terhadap pengunjung di Colosseum pada tanggal 7 September 2019. Ini (laporan) menjadi catatan kami,” kata Saefullah saat jumpa pers pada Senin (16/12/2019).

Dibatalkan

Atas fakta tersebut, kata dia, pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019 kepada Colosseum Club dinyatakan dibatalkan. Menurut Saefullah penghargaan ini diberikan kepada pelaku usaha pariwisata dengan kinerja bisnis yang unggul dan berprestasi dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan serta berkontribusi bagi pembangunan pariwisata.

“Pemberian penghargaan kepada Colosseum, diputuskan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Surat Keputusan (SK) 338 tahun 2019, tentang Penetapan Pemenang Adikarya Wisata 2019 yang dibubuhi tandan tangan cetak, bukan tanda tangan basah Gubernur DKI,” ujar Saefullah.

Pada tahun 2019 ini, Disparbud DKI Jakarta telah menetapkan 155 pelaku usaha atau perusahaan yang menjadi nomine pada penghargaan ini yang terbagi menjadi 31 kategori. Proses penilaian meliputi, ada seleksi administrasi, ada penilaian kinerja, ada penilaian aktif dengan mengunjungi tempat usaha.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparbud DKI Jakarta Alberto Ali mengatakan, diskotek Colosseum mendapat penghargaan setelah bersaing dengan 30 diskotek lainnya. Colosseum mendapat penghargaan itu karena tiga alasan di antaranya dedikasi, kinerja dan kontribusi terhadap pariwisata Jakarta.

Kata dia, pemberian penghargaan tidak dilarang bila mengacu aturan karena diskotek menjadi salah satu tempat usaha pariwisata. “Sudah diatur juga d undang-undang, karena diskotek sebagai tempat usaha pariwisata,” ujar Alberto pada Jumat (13/12/2019). (Fajar Al Fajri)

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved