Berlibur menggunakan mobil

Jangan Kehabisan Bahan Bakar di Tengah Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek

Dalam situasi terburuk, seperti terjadi kemacetan parah di ruas tol ini, mobil Anda masih memiliki cadangan bahan bakar sebelum bertemu rest area.

Jangan Kehabisan Bahan Bakar di Tengah Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek
Warta Kota/ Angga Bhagya Nugraha
Jalan tol layang Jakarta - Cikampek II 

Jalan tol layang Jakarta - Cikampek (Jakarta - Cikampek Elevated Freeway) tidak memiliki rest area dan stasiun pengisian bahan bakar (SPB), di sepanjang jalan tol baru sepanjang 38 kilometer itu.

Jelas saja, wong posisinya melayang, alias di atas jalan tol Jakarta - Cikampek yang lama, sehingga akan lebay jika dibuat rest area melayang juga.

Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) Elevated akan berfungsi pada musim Libur Natal dan Tahun Baruu 2020, mulai tanggal 20 Desember mendatang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) Elevated akan berfungsi pada musim Libur Natal dan Tahun Baruu 2020, mulai tanggal 20 Desember mendatang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/ Angga Bhagya Nugraha)

Bahkan bahu jalan ruas tol layang, dari Cikunir hingga Karawang Barat ini, juga lebih sempit dari bahu jalan tol di bawahnya.

Karena itu, sebagaimana diwartakan Grid Oto, jika hendak melewati tol layang Jakarta - Cikampek ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan.

"Harus isi bahan bakar minimal setengah lebih dari kapasitas tangki bahan bakar mobil," kata Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada GridOto.com.

Persiapan ini dilakukan agar Anda tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar ketika sedang berada di tengah-tengah ruas tol ini.

Dalam situasi terburuk, seperti terjadi kemacetan parah di ruas tol ini, mobil Anda masih memiliki cadangan bahan bakar sebelum bertemu rest area.

"Bagi pengemudi juga harus persiapkan fisik dan mental sehingga memiliki energi yang cukup selama perjalanan," ungkap Sony.

Fisik prima

Sehingga pengemudi memiliki energi yang prima dan mental yang rileks untuk mengemudi sepanjang ruas tol tanpa harus berhenti beristirahat.

Mengingat tidak adanya rest area, jika berhenti di bahu jalan hanya sekedar untuk beristirahat sejenak akan meningkatkan risiko kecelakaan tabrakan.

Ini yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Situasi Darurat di Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek

Tiada Rest Area, Ini Persiapan Pengemudi Sebelum Lewat Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek

Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Gridmotor.id
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved