Liburan ke Kepulauan Seribu

Mau Liburan ke Pulau Seribu? Ini Pilihan Biayanya

Dengan menyiapkan uang Rp 500.000 per orang, traveller sudah dapat menikmati liburan di pulau-pulau penduduk di Kepulauan Seribu.

Sudin Parbud Kepulauan Seribu
Virgin Beach di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. 

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, terdiri dari sedikitnya 109 pulau besar dan kecil yang tersebar di perairan Teluk Jakarta.

Dari seratusan pulau itu, ada yang berpenghuni, ada pula yang tidak.

Ayer Floating Resort, sebuah resor cantik khas Maldives di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu.
Ayer Floating Resort, sebuah resor cantik khas Maldives di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu. (Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu.)

Bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke Kepulauan Seribu, bisa memilih dua jenis destinasi, yakni pulau penduduk dan pulau resor.

Pulau penduduk yang umum dikunjungi adalah Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, serta Pulau Pari.

Sedangkan pilihan pulau resor cukup beragam. Di antaranya Pulau Ayer, Pulau Macan, Pulau Semak Daun, Pulau Putri, dan lain-lain.

Pulau-pulau di Kepulauan Seribu dapat dicapai dengan menumpang kapal dari Pelabuhan Kaliadem di Muarakarang, Jakarta Utara, atau naik kapal cepat (speedboat) dari Dermaga Marina Ancol.

Virgin Beach di Pulau Pari dilihat dari atas.
Virgin Beach di Pulau Pari dilihat dari atas. (Sudin Parbud Kepulauan Seribu)

Saat ini, telah banyak agen perjalanan yang menawarkan paket wisata dengan pilihan beragam.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia, menjelaskan, pulau-pulau penduduk cocok untuk traveller yang ingin liburan hemat.

Biayanya

Dia menjelaskan, dengan menyiapkan uang antara Rp 400.000 sampai Rp 500.000 per orang, traveller sudah dapat menikmati liburan di pulau-pulau penduduk seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, hingga Pulau Harapan.

Harga itu pun sudah termasuk biaya kapal penyeberangan pergi-pulang dari Pelabuhan Kaliadem, penginapan satu malam, makan tiga kali, serta snorkeling.

"Kalau ke pulau penduduk itu memang lebih murah meriah ya. Tapi kita nginapnya bukan di resor, melainkan di rumah penduduk. Namanya homestay. Tapi sudah enggak kalah juga kualitasnya," ujar Cucu kepada Warta Kota Travel di kantornya, Jalan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Meski cuma menginap di homestay, traveller sudah dapat kamar ber-AC, televisi, hingga fasilitas air bersih.

Namun, jika ingin naik speedboat dari Dermaga Marina Ancol ke pulau penduduk, biaya keseluruhan menjadi lebih mahal, yakni sekitar Rp 1 juta per orang per malam. Kelebihannya naik speedboat tentu lebih cepat sampai dibandingkan naik kapal tradisional.

Sedangkan bagi pelancong berkocek tebal, yang ingin mendapatkan pengalaman liburan maksimal dengan suasana santai dan privat, dapat memilih pulau-pulau resor sebagai destinasi. Tentunya, biayanya akan jauh lebih besar lagi.

Suasana dermaga di cottage dan restoran Pulau Macan, Kepulauan Seribu.
Suasana dermaga di cottage dan restoran Pulau Macan, Kepulauan Seribu. (Sudin Parbud Kepulauan Seribu)

"Kalau kita ke pulau resor, harganya rata-rata sekitar Rp 2,5 juta per kepala per malam," ungkap Cucu.

Wisata sejarah

Selain pulau penduduk dan pulau resor, Anda yang tertarik dengan wisata konservasi dan sejarah juga dapat memilih Pulau Onrust, Pulau Kelor, dan Pulau Cipir sebagai tujuan.

Saat ini banyak agen wisata yang menawarkan paket one day trip ke tiga pulau tersebut dengan biaya sekitar Rp 500.000 perorang.

Resor Mewah Segera Sambut Wisatawan di Kepulauan Seribu

Bukan Bali, Kepulauan Seribu Akan Ditata Serupa Maldives dan Phuket

Disebut-sebut Sebagai Bali Baru, Kepulauan Seribu Terus Berbenah Diri

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved