Kepulauan Seribu Bali Baru

Bukan Bali, Kepulauan Seribu Akan Ditata Serupa Maldives dan Phuket

Kepulauan Seribu akan dikembangkan dan ditata seperti Maladewa (Maldives) dan Phuket.

Bukan Bali, Kepulauan Seribu Akan Ditata Serupa Maldives dan Phuket
Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu.
Pantai Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. 

Pemerintah telah menetapkan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, sebagai salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang bakal disulap sebagai "Bali Baru".

Meski disebut akan disulap sebagai "Bali Baru", bukan berarti Kepulauan Seribu akan berganti wajah layaknya Pulau Dewata.

Keindahan Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, tampak dari udara.
Keindahan Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, tampak dari udara. (Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu)

Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu, mengatakan, gugusan pulau di Teluk Jakarta itu akan dikembangkan dengan tetap menjaga kearifan lokal.

"Setiap tempat wisata itu harus punya keunikan masing-masing ya. Laut boleh sama biru dan asinnya, tapi tentunya kita menawarkan kearifan lokal," ujar Cucu Ahmad Kurnia saat berbincang dengan Warta Kota Travel di kantornya, Jalan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Karena itu pula, Kepulauan Seribu akan ditata dengan tetap menonjolkan karakter kearifan lokal setempat, yang menjadi keunikan dan pembeda dengan destinasi lain.

Alih-alih Bali, menurut Cucu Ahmad Kurnia, karakter Kepulauan Seribu lebih mirip  dua pantai tropis di Asia yang telah mendunia.

"Untuk benchmark (tolok ukur) internasional, kita mungkin lebih ke Maldives (Maladewa). Kita karakternya lebih mirip. Atau Phuket (Thailand)," katanya.

Apa yang disampaikan Cucu Ahmad Kurnia memang cukup beralasan jika melihat beragam keindahan yang ditawarkan di Kepulauan Seribu.

Maldiven van Java

Di Pulau Ayer, salah satu bagian dari Kepulauan Seribu, terdapat resort terapung (floating resort) cantik yang mirip seperti resor populer di Maldives.

Salah satu resort terapung di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, yang mirip seperti di Maladewa (Maldives).
Salah satu resort terapung di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, yang mirip seperti di Maladewa (Maldives). (Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu.)
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved