Belum Kesampaian ke Pere Lachaise? Ke Museum Taman Prasasti Saja dulu

Kematian bisa menghasilkan karya seni yang indah, dan mengusik emosi manusia. Maka Museum Taman Prasasti ibarat Pere Lachaise-nya Jakarta.

Belum Kesampaian ke Pere Lachaise? Ke Museum Taman Prasasti Saja dulu
Warta Kota
Nisan Soe Hok Gie di Museum Taman Prasasti 

Siapa yang menyangka, hal yang menakutkan seperti kematian bisa menghasilkan karya seni yang indah, dan mengusik emosi manusia.

Inilah yang terlihat di Museum Taman Prasasti di jalan Tanah Abang 1, Jakarta Pusat, di mana koleksi yang dipamerkan di museum ini lekat dengan nuansa kematian.

Deretan nisan di Museum Taman Prasasti
Deretan nisan di Museum Taman Prasasti (Warta Kota/Jalinka Putri)

Saat ini ada hampir 1.500 koleksi nisan yang ditampilkan, mulai dari batu nisan dengan detail desain seni yang apik, patung-patung khas Eropa, dan kalimat-kalimat indah dari para sastrawan yang dicetak di nisan.  

Semua itu berdiri di lahan yang dibagi menjadi 10 blok, dengan jalan setapak dari semen dan batu menjadi pemisah antarblok .

Nisan-nisan di sini memiliki bentuk beraneka rupa, dan terbuat dari berbagai jenis bahan.

Besar kemungkinan, hanya bahan dengan kualitas terbaik yang digunakan, sehingga keindahannya tetap bertahan meski usianya sudah ratusan tahun.

Terdapat pula beberapa patung malaikat  bersayap, dan mausoleum dengan arsitektur yang indah. 

Memang, museum ini dikhususkan untuk menyimpan berbagai macam batu nisan dan prasasti yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Kisah sejarah itu disampaikan lewat nisan, mausoleum, dan patung, yang mengungkapkan kesedihan akibat kehilangan orang yang dikasihi.

Dari patung, nisan, dan mausoleum ini bisa dirasakan pula rasa cinta keluarga yang ditinggalkan, sehingga mereka menyewa pematung, pemahat, kaligrafer dan sastrawan untuk memberikan persembahan terindah terakhir bagi orang yang mereka kasihi. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Janlika Putri
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved