Wisata Sejarah Jakarta

Menyelami Sensasi dan Sejarah di Museum Taman Prasasti

Sudah punya rencana liburan pada akhir pekan ini? Wisata ke tempat tempat satu ini bisa di jadikan pilihan, terutama bagi warga Jakarta.

Menyelami Sensasi dan Sejarah di Museum Taman Prasasti
Warta Kota/Jalinka Putri
Patung perempuan menangis di Museum Taman Prasasti 

Sudah punya rencana liburan pada akhir pekan ini? Wisata ke tempat tempat satu ini bisa di jadikan pilihan, terutama bagi warga Jakarta.

Tempat ini sangat unik dan memberikan sensasi yang berbeda dari destinasi lainnya.

Selain itu, biaya berlibur ke tempat ini juga tidak besar, sehingga tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Dan yang pasti, karena lokasinya masih di Jakarta juga, tak dibutuhkan waktu lama untuk menuju ke sana.

Penasaran nama "tempat yang satu itu"? Tempat itu adalah Museum Prasasti, yang terletak di Jalan Tanahabang 1, Jakarta Pusat.

Gerbang Museum Prasasti
Gerbang Museum Prasasti (Warta Kota/Jalinka Putri)

Lokasinya  tak jauh dari Monumen Nasional (Monas),  Museum Nasional, dan Istana Negara, sehingga bisa dicapai menggunakan kendaraan umum.

Keunikan museum ini adalah tampilannya. Bila kebanyakan museum menggunakan gedung untuk menampilkan benda koleksinya, maka Museum Taman Prasasti justru sebaliknya, tak ada gedung.

Museum ini merupakan museum dengan konsep di ruang terbuka. Maklum, Museum ini adalah bekas pemakaman zaman kolonial Belanda dulu, sehingga koleksinya adalah nisan-nisan warga Belanda yang meninggal di Batavia, nama Jakarta tempo dulu.

Kata "Taman" di nama museum ini memang bisa membuat banyak orang terkecoh, karena keburu membayangkan bunga-bungaan, arena permainan anak-anak, dan tempat berolahraga.

Begitu masuk, yang tersaji adalah deretan nisan  yang memancarkan emosi duka cita yang kuat. Sensasi inilah yang turut  menjadi obyek yang "dipamerkan" oleh museum ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved