Setu Babakan

Tiap Hari Minggu Ada Pertunjukan Budaya Betawi di Setu Babakan, Gratis

Tidak hanya tempat bersantai untuk melepas penat, Setu Babakan juga menjadi tempat wisata edukasi yang cocok bagi keluarga.

Warta Kota
Bermain sepeda air di danau adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan 

Setu Babakan sudah kondang sebagai destinasi wisata bertema budaya Betawi, yang sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Tidak hanya tempat bersantai untuk melepas penat dari ingar-bingar kehidupan Ibu Kota, Setu Babakan juga menjadi tempat wisata edukasi yang cocok bagi seluruh anggota keluarga .

Penjaja dodol di Setu Babakan, Oktober 2019
Penjaja dodol di Setu Babakan, Oktober 2019 (Warta Kota)

Berada di bagian dalam Perkampungan Budaya Betawi, wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Setu Babakan tampak sejuk meski Matahari sedang terik-teriknya. Itu karena banyaknya pohon rindang di sana.

Pada Minggu (27/10) petang, ribuan pengunjung tampak penuh sesak memadati area sekitar danau Setu Babakan.

Untuk masuk ke kawasan wisata pinggir danau itu, pengunjung cukup membayar parkir Rp 2.000.

Rata-rata pengunjung menghabiskan waktunya dengan bersantai, sambil menikmati kuliner khas Betawi.

Berbagai macam kuliner khas Betawi yang dijajakan warga setempat dengan harga terjangkau, membuat pengunjung betah berlama-lama.

Ada kerak telor, kembang goyang, dodol, laksa Betawi, bir pletok, hingga kue tete.

Sedangkan orang tua tampak sibuk menemani anaknya naik sepeda air atau bebek-bebekan, yang dapat dinikmati dengan tarif hanya Rp 6.000 untuk anak dan Rp 8.000 untuk dewasa.

"Saya sering ke sini, sebulan mungkin bisa dua-tiga kali. Murah meriah dan anak juga senang," kata Fachry (28), warga Cilandak, Jakarta Selatan, yang datang berkunjung dengan istri dan anaknya yang masih kecil.

Fachry merasa pengelolaan Setu Babakan sudah cukup bagus karena tetap mempertahankan keasliannya. Kalau ada yang perlu diperbaiki, katanya, adalah pengaturan parkir.

"Sarannya bisa disediakan tempat parkir khusus aja sih. Jangan begini, mobil sama motor parkir di pinggir setu. Jadi agak sumpek aja," katanya.

Pertunjukan gratis

Mungkin banyak yang belum tahu, atraksi wisata Setu Babakan tak hanya terpusat di area danau saja.

Di sana ada pula gedung pertunjukan berkapasitas ribuan orang, yang biasa dipakai untuk menampilkan pagelaran seni-budaya Betawi.

Pertunjukan seni di amphitheater Setu Babakan
Pertunjukan seni di amphitheater Setu Babakan (Warta Kota)

Bahkan, sejak Februari lalu hingga Desember mendatang, ada pertunjukan bernama Pagelaran Komedi Betawi 2019 yang diselenggarakan Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi.

Sepanjang tahun, berbagai atraksi disuguhkan di amphiteater Zona A UPK PBB Setu Babakan, dan bisa disaksikan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Pertunjukan digelar tiap Minggu pukul 14.00-17.00 WIB.

Petang itu, ratusan penonton tampak asyik menikmati penampilan Lenong Betawi berlatar belakang zaman penjajahan Belanda.

Berulangkali penonton dibuat tergelak oleh para seniman lenong, yang berdialog dalam logat Betawi yang khas.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved